Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Bukti Guinea Menang Atas Indonesia Berkat Penalti Gaib dari Wasit Letexier

Hasil Indonesia vs Guinea U23, Timnas Garuda Muda harus mengakui keunggulan Sylie Nationale dengan skor 0-1 dalam perebutan tiket Olimpiade Paris 2024.
Pemain timnas Indonesia U23, Witan Sulaeman dan Marselino Ferdinan. Timnas Indonesia U23 harus mengakui keunggulan Guinea, Kamis (9/5/2024). Ini Bukti Guinea Menang Atas Indonesia Berkat Penalti Gaib dari Wasit Letexier./ PSSI
Pemain timnas Indonesia U23, Witan Sulaeman dan Marselino Ferdinan. Timnas Indonesia U23 harus mengakui keunggulan Guinea, Kamis (9/5/2024). Ini Bukti Guinea Menang Atas Indonesia Berkat Penalti Gaib dari Wasit Letexier./ PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil Indonesia vs Guinea U23, Timnas Garuda Muda harus mengakui keunggulan Sylie Nationale dengan skor 0-1 dalam perebutan tiket Olimpiade Paris 2024.

Bermain di Paris, Kamis (9/5/2024) malam, Timnas Indonesia U23 mengenakan seragam putih-putih, sedangkan Guinea memakai jersey merah-kuning-hijau.

Berlaga di Paris, Guinea langsung mendapat peluang pada menit tiga usai setelah tendangan melengkung pemain nomor 18 melenceng tipis dari gawang Indonesia yang dijaga Ernando Ari.

Timnas Indonesia bermain belum nyaman hingga menit kelima. Beberapa kesalahan kecil seperti mengumpan yang tidak tepat dillakukan pemain Indonesia.

Guinea menurunkan sejumlah pemain bintangnya di pertandingan ini seperti Ilaix Moriboa, Saidou Sow, dan Ibrahim Diakite.

Pelatih Guinea, Kaba Diawara rupanya tidak main-main dalam pertandingan ini.

Wasit Francois Letexier dari Prancis, yang pernah memimpin pertandingan laga Piala Super Eropa memberikan kartu kuning pada Muhammad Ferarri menit kedelapan usai melanggar dua sekaligus pemain Guinea.

Hingga menit 10, pertandingan Indonesia vs Guinea masih sama kuat 0-0. 

Indonesi mndapat peluang pada menit 13 namun umpan dari Witan di dalam kotak penalti Guinea bisa dihalau yang berbuah tendangan penjuru.

Timnas Guinea terus menekan pertahanan Indonesia terutama lewat sisi sebelah kanan yang ditempati Diakite. Sementara itu Indonesia belum bisa membangun serangan yang baik hingga menit 15 babak pertama.

Sekadar informasi, pertandingan Indonesia vs Guinea disaksikan Presiden FIFA, Giani Infantino.

Arhan Pratama yang menusuk dari sisi kiri mendapat peluang pada menit 17 namun sepakan kaki kanannya bisa ditangkap kiper Guinea.

Witan sempat mendapat perawatan di kepala usai berbenturan dengan pemain Guinea.

Wasit Francois Letexier membuat keputusan kontroversi pada menit 27 setelah memberi Guinea tendangan penalti.

Pemain timnas Indonesia U23, Witan yang mencoba menghentikan laju pemain Guinea dianggap melanggar di dalam kotak penalti. Padahal dari rekaman video terlihat jelas, pemain yang pernah melanglang buana di klub Eropa, FK Senica melanggar Ilaix Moriba di luar kotak penalti.

Hasil Indonesia vs Guinea u23
Hasil Indonesia vs Guinea u23

Ini Bukti Guinea Menang Atas Indonesia Berkat Penalti Gaib dari Wasit Letexier

Moriba yang melakukan eksekusi dengan dingin menaklukkan Ernando Ari pada menit 29 untuk membawa Guinea unggul 1-0 atas Indonesia.

Guinea kembali mendapat kesempatan pada menit 33, namun tendangan bebas kaki kiri Kamara melenceng tipis dari gawang Indonesia.

Timnas Indonesia U-23 berhasil membuka pertahanan Guinea lewat satu-dua sentuhan, namun tendangan Marselino masih melenceng dari gawang.

Indonesia di menit-menit akhir pertandingan babak pertama menekan pertahanan Guinea. Namun Guinea malah nyaris menjebol gawang Indonesia namun Ernando melakukan penyelamatan gemilang.

Hingga babak pertama berakhir, skor Indonesia vs Guinea masih 0-1.

Masuk babak kedua, timnas Guine kembali menyerang pertahanan Indonesia.

Guinea nyaris mencetak gol pada menit 53, namun sepakan Saidow Sou dari dalam kotak penalti ke gawang yang kosong bisa dihalau oleh Nathan Tjoe A On.

Indonesia punya peluang pada menit 60, namun sundulan Alfeandra Dewangga yang menerima umpan Nathan melenceng tipis dari gawang Guinea.

Pelatih Shin Tae-yong memasukkan Ramadan Sananta menggantikan Jeam Kelly Stroyer untuk menambah daya gedor, Hingga menit 65 babak kedua, Hasil Indonesia vs Guinea U23 masih 0-1.

Entah apa yang ada di dalam benak wasit Letexier setelah kembali membuat keputusan kontroversi di laga ini dengan memberikan hadiah tendangan penalti untuk Guinea.

Dewangga dianggap melakukan pelanggaran saat menackle pemain Guinea. Padahal tackling yang dilakukan Dewangga sangat bersih dengan mengenai bola.

Wasit yang kembali membuat keputusan kontroversi membuat pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong marah besar. Wasit akhirnya memberikan kartu merah kepada STY karena dianggap melakukan protes berlebihan.

Pemain Guinea yang melakukan eksekusi tidak mampu menjebol gawang Ernando Ari setelah sepakannya membentur mistar gawang kanan Indonesia.

Hingga pertandingan berakhir, Guinea tetap menang 1-0 atas Indonesia sehingga berhak lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Susunan Pemain Indonesia vs Guinea U23:

Indonesia: Ernando Ari, Nathan Tjoe A On, Komang Teguh, Muhammad Ferarri, Bagas Kaffa, Arhan Pratama, Marselino Ferdinan, Jeam Kelly, Rafael Struick, Witan Sulaeman,  Ivar Jenner

Jadwal Playoff Olimpiade Paris, Indonesia U23 vs Guinea U23:

Kamis, 9 Mei 2024, 20.00 WIB

Lima Pertandingan Timnas Indonesia U23:

15/04/24 Qatar U23 2 - 0 Indonesia U23
18/04/24 Indonesia U23 1 - 0 Australia U23
21/04/24 Jordan U23 1 - 4 Indonesia U23
26/04/24 Korea Republic U23 2 - 2 P Indonesia U23
29/04/24 Indonesia U23 0 - 2 Uzbekistan U23

Lima Pertandingan Timnas Guinea U23:

Mali U23 vs Guinea U23 0-0 (4-3)

Mesir U23 vs Guinea U23 1-0

Guinea U23 vs Ghana U23 1-1

Congo U23 Vs Guinea U23 1-3

Maroko U23 vs Guinea U23 2-1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper