Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalah dari Uzbekistan, Jokowi Yakin Peluang Timnas ke Olimpiade Belum Tertutup

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku masih terdapat peluang bagi tim nasional (timnas) Indonesia U-23 untuk melangkahkan kaki ke Olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U23 di Piala Asia U23/Reuters
Timnas Indonesia U23 di Piala Asia U23/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku masih terdapat peluang bagi tim nasional (timnas) Indonesia U-23 untuk melangkahkan kaki ke perhelatan Akbar Olimpiade Paris 2024.

Menurutnya, meskipun hasil kurang memuaskan terjadi di laga tim nasional (timnas) Indonesia U-23 melawan Uzbekistan pada semifinal Piala Asia 2023, tetapi dia meyakini bahwa hal tersebut lumrah terjadi dalam olahraga.

“Sebuah pertandingan itu pasti ada yang menang, ada yang kalah dan tadi malam saya melihat semangat kerasnya, perjuangan kerasnya, timnas U-23 memang belum mampu kemenangan. Namun, kesempatan dan peluang masuk ke olimpiade itu masih 2 kali,” tuturnya dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (30/4/2024).

Orang nomor satu di Indonesia itu pun mengatakan bahwa selama Indonesia menunjukkan gelagat yang baik di lapangan, maka hasil apa pun tentu akan lebih baik.

“Di perebutan juara 3. kami harapkan bisa masuk, kalo nggak masih ada pertemuan lagi nanti Guinea dari Afrika, kalo feeling saya masuk olimpiade, inshaAllah,” pungkas Jokowi

Sekadar informasi, Indonesia harus menelan pil pahit setelah kalah 0-2 dari Uzbekistan pada laga yang berlangsung di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Senin (29/4/2024).

Gol kemenangan Uzbekistan dicetak oleh penyerang andalannya Khusayin Norchaev pada menit ke-68 dan gol bunuh diri Pratama Arhan pada menit ke-86. Gol bunuh diri itu terjadi 2 menit setelah Rizky Ridho menerima kartu merah.

Kekalahan itu membuat mimpi Indonesia U-23 meraih Piala Asia sirna. Timnas U-23 masih akan memperebutkan posisi ketiga melawan tim yang tim yang kalah antara Jepang atau Iran.

Menurut pantauan Bisnis, kala jam menunjukkan pukul 21.00 WIB, bola semi final Piala AFC U-23 mulai bergulir. Nathan Tjoe-A-On, gelandang andalan Garuda Muda, menerima kartu kuning di menit awal, tetapi semangat Garuda Muda tak kunjung padam. ketegangan memuncak saat VAR dipanggil untuk meninjau kemungkinan penalti bagi Indonesia pada menit ke-27, namun wasit Shin Yinhao menyatakan tidak terjadi pelanggaran.

Alibek Davronov dari Uzbekistan dan pemain andalan Tim Nasional Indonesia Pratama Arhan sama-sama menerima kartu kuning, menambah daftar pelanggaran dalam pertandingan yang berlangsung seru.

Harapan Indonesia sempat menyala ketika Muhammad Ferarri menggetarkan jala gawang, tetapi keputusan VAR kembali membawa kekecewaan bagi pendukung Indonesia.

Hosain Norchaev akhirnya membuka keunggulan untuk Uzbekistan pada menit ke-68, sebelum kapten Rizky Ridho harus meninggalkan lapangan karena diganjar kartu merah, menambah rintangan bagi tim Indonesia.

Uzbekistan menambah keunggulan melalui gol bunuh diri Pratama Arhan yang membuat kedudukan menjadi 0-2 bagi Uzbekistan. Dua kartu kuning terakhir untuk Abdurauf Bo'riyev dari Uzbekistan dan Justin Hubner dari Indonesia menjadi saksi pertarungan sengit kedua tim hingga akhir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper