Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Calvin Verdonk Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Calon pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia Calvin Verdonk, simak profilnya
Calvin Verdonk/instagramc.verdonk
Calvin Verdonk/instagramc.verdonk

Bisnis.com, JAKARTA - Calvin Verdonk dikabarkan sedang mengurus proses naturalisasi untuk memperkuat skuad Timnas Indonesia. Kabarnya, pria asal Belanda itu mempunyai darah keturunan Indonesia.

"Itu (undangan bergabung untuk timnas Indonesia) hal yang sudah lama aku pikirkan dan kalau saya jujur, kita sedsng proses sekarang. Jadi sekarang menunggu bagaimana prosesnya," kata Calvin, saat wawancara di akun YouTube Yussa Nugraha, dikutip Selasa (30/04/2024).

"Saya tidak tahu berapa lama prosesnya. Jadi sekarang tinggal menunggu saja. Saya tentu terbuka. Saya pikir Indonesia juga terbuka untuk saya bermain di Timnas Indonesia. Jadi saya pikir akan baik-baik saja," tambahnya.

Calvin mengaku memiliki darah keturunan Indonesia dari sang ayah yang merupakan penduduk Aceh.

Dilansir Soccerway, dirinya menimba ilmu sepak bola di akademi Feyenoord dan pernah lebih dulu bermain di Liga Kasta Tertinggi Belanda pada tahun 2015. Kala itu dia berhadapan dengan klub Excelsior.

Riwayat sebagai pemain sepak bola sudah dia tekuni, di mana dirinya pernah membela Timnas Belanda untuk kategori U-15 hingga U-21.

Keterampilan atlet kelahiran Dordecht, 26 April 1997 itu patut diacungi jempol lantaran dirinya mampu ditempatkan sebagai fullback kiri, bek tengah, gelandang bertahan, dan penyerang.

Tak heran jika saat ini dia tergabung dalam klub kasta teratas Liga Belanda, NEC Nijmegen.

Kemahiran dirinya saat memainkan si kulit bundar berhasil membawa klubnya menekuk klub PSV Eindhoven pada musim ini dengan skor 3-1.

Sepanjang musim ini, dia bermain sebanyak 32 kali dihampir semua turnamen di Liga Belanda. Tercatat, dia mengukir nama dipapan gol sebanyak 2 kali dan 3 assist.

Kepiawaian Calvin saat bermain di lapangan hijau sukses membawa klub kesayangannya berada di posisi ke-6 klasemen dan berpotensi besar duduk di empat besar. Klubnya juga berpeluang unjuk gigi di Liga Eropa.

Atlet berusia 26 tahun itu sempat dipinjam oleh klub Pec Zwolle (2016-2017), Klub Twente (2019-2020), dan pernah membela klub papan tengah Portugal, Famalicao.

Dikutip transfermarkt, dalam bursa transfer per 18 Maret 2024, Calvin Varonk dibanderol Rp31,29 miliar. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper