Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Para Pemain Naturalisasi Timnas U-23, Bakal Turun Lawan Uzbekistan?

Dari Justin Hubner sampai Nathan Tjoe-A-On, berikut profil pemain asing yang dinaturalisasi
Redaksi
Redaksi - Bisnis.com
Senin, 29 April 2024 | 14:50
Pemain Timnas Justin Hubner/PSSI
Pemain Timnas Justin Hubner/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-23 akan bertanding dengan Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Senin 29 April 2024.

Adapun prediksi beberapa pemain naturalisasi yang siap membantu timnas memperebutkan tiket final Piala Asia U-23.

Dilansir Bisnis, Ernando Ari Sutaryadi (Kiper); Komang Teguh, Rizky Ridho, Justin Hubner; Rio Fahmi, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan; 8-Witan Sulaeman, Hokky Caraka dan Marselino Ferdinan diprediksi akan mengisi formasi pertandingan.

Dari sebelas nama pemain tersebut, tiga diantaranya merupakan pemain naturalisasi, yakni Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Nathan Tjoe-A-On.

Berikut Profil Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Nathan Tjoe-A-On:

1. Ivar Jenner

Ivar Jenner merupakan pemain naturalisasi yang lahir di Utrecht, Belanda. Ivar memiliki posisi sebagai gelandang untuk klub Utrecht dan Timnas Indonesia.

Walaupun lahir di Belanda, Ivar masih mempunyai darah keturunan Indonesia, di mana nenek dari ayahnya lahir di Jember, Jawa Timur.

Pria yang lahir pada 10 Januari 2024 ini merupakan mantan klub akademi IJFC dan Ajax sampai pada akhirnya pindah ke klub sepak bola Utrecht pada tahun 2016.

Sebelum akhirnya resmi dinaturalisasikan pada 27 Mei 2024, Ivar sempat membela timnas Indonesia U-20 di tahun 2022. Saat itu dia bertanding melawan Prancis dan Slovakia.

Dilansir PSSI, dalam 5 kali penampilan Ivar Jenner mencetak satu gol dan tiga kali umpan. Dia menghabiskan total 390 menit bermain.

Ivar Jenner merupakan sahabat karib Justin Hubner dan mendiang Noah Gesser sewaktu menjalani akademi sepak bola di Belanda.

Dilansir transfermarkt.com, dalam bursa transfer pemain, per 8 Januari 2024 harga Ivar Jenner ditaksir €300rb.

2. Justin Hubner

Dilansir Bisnis, Justin Quincy Hubner atau Justin Hubner bermain sebagai bek tengah untuk klub Timnas dan Cerezo Osaka. Sama seperti Ivar, Justin memiliki darah keturunan Indonesia.

Pria kelahiran Hertogenbosch, Belanda, memiliki seorang ayah bernama Ferdinan Patrick Rudolf Hubner dan Ibu bernama Brigitte Prophitus.

Dia mendapatkan darah keturunan Indonesia dari sang kakek yang lahir di Makassar, 11 Agustus 1948.

Dia meniti karir sepak bola di Belanda dengan bergabung ke tim akademi Brabant Youth sampai akhirnya bergabung dengan klub Den Bosch Youth pada 2017.

Dibandingkan Ivar, Justin lebih memiliki kedekatan emosional dengan mendiang Noah Gesser. Dia sempat membentangkan bendera kain berwajah Noah saat bertanding dengan Vietnam.

Justin pernah tergabung dalam klub Wolves U-18 saat usianya baru 16 tahun dan dipromosikan ke Wolves U-21 ketika usianya menginjak 18 tahun.

Seperti disebutkan transfermarkt.com, Justin memiliki nilai transfer Rp3,48 miliar per 19 Desember 2023.

3. Nathan Tjoe-A-On

Lahir di Rotterdam, Belanda, Nathan merupakan atlet sepak bola untuk klub Eredivisie, Heerenveen dan Timnas dengan posisi bek kiri dan bek tengah.

Dalam catatan Bisnis, kakek dari ibu Nathan berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Nathan resmi dinaturalisasi pada tahun 2023.

Nathan memulai debut karirnya dengan bergabung dengan tim utama Excelsior sejak 2019 silam. Dia sempat mengalami cedera serius hingga membuat dirinya absen selama 14 bulan dari dunia sepak bola.

Selan empat tahun, dirinya direkrut oleh Swansea pada 13 Agustus 2023 dengan tanda tangan kontrak selama tiga tahun.

Saat ini, Nathan masih bergabung di SC Heerenveen, salah satu klub ternama untuk Liga Belanda Eredivisie dan dipinjamkan dari klub kasta kedua Liga Championship Inggris, Swansea City sejak awal 2024.

Di Heerenveen, dia berhasil membantu timnya untuk mengalahkan Ajax pada 11 Februari lalu. Dikabarkan, dia akan kembali ke Belanda setelah menyelesaikan naturalisasi menjadi WNI. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper