Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cetak Sejarah, Timnas Indonesia Debutan Kelima di Perempat Final Piala Asia U-23

Timnas U-23 Indonesia mencatat prestasi lolos ke perempat final dalam debut di Piala Asia U-23 2024.
Timnas U-23 Indonesia menembus perempat final Piala Asia U-23 2024 dalam debutnya / PSSI.
Timnas U-23 Indonesia menembus perempat final Piala Asia U-23 2024 dalam debutnya / PSSI.

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas U-23 Indonesia mengukir sejarah lolos ke perempat final Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya. Pencapaian itu bahkan diraih pada penampilan pertama Garuda Muda di turnamen tersebut.

Timnas U-23 Indonesia menggilas Yordania dengan skor 4-1 dalam laga pamungkas Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Minggu (21/4/2024).

Kemenangan Indonesia ditentukan oleh gol-gol Marselino Ferdinan (2), Witan Sulaeman, dan Komang Teguh. Sementara Yordania membalas lewat gol bunuh diri Justin Hubner.

Dengan hasil ini, Timnas U-23 Indonesia memastikan diri sebagai runner-up Grup A Piala Asia U-23 2024 dengan 6 poin dari 3 laga.

Garuda Muda unggul atas Australia (2 poin) dan Yordania (1 poin), serta hanya tertinggal 1 angka di belakang Qatar, tuan rumah sekaligus juara Grup A Piala Asia U-23 2024.

Kelolosan Indonesia ke perempat final terbilang istimewa. Sebab, Garuda Muda melakukan itu pada debut alias penampilan pertama di Piala Asia U-23.

Sebelumnya, Indonesia selalu kandas di babak kualifikasi dan tak bisa mencapai putaran final Piala Asia U-23. Sekalinya bisa tembus, Indonesia bablas sampai perempat final.

Namun Indonesia bukan satu-satunya yang langsung mencapai babak perempat final dalam debut di Piala Asia U-23.

Sebelumnya ada 4 tim yang mencatatkan hal serupa sejak Piala Asia U-23 edisi kedua pada 2016. Edisi pertama tak dihitung karena semua tim adalah debutan.

Pada 2016, Qatar langsung lolos perempat final saat pertama tampil, disusul Palestina pada 2018.

Pada edisi 2018 tak hanya Palestina yang berstatus tim debutan sampai perempat final, tim Negeri Jiran Malaysia juga mencatatkan prestasi tersebut.

Terbaru pada edisi Piala Asia U-23 2022, Turkmenistan bisa mencapai babak 8 besar pada periode penampilan pertama mereka.

Dari kelima tim tersebut, Qatar mencatat prestasi paling mentereng. Mereka menembus semifinal Piala Asia U-23 2016 sebelum akhirnya tersingkir.

Adapun Palestina, Malaysia, dan Turkmenistan hanya mencapai babak perempat final Piala Asia U-23.

Indonesia masih berpeluang melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Meskipun, pada laga selanjutnya Garuda Muda akan bertemu dengan tim kuat, Jepang/Korea Selatan, di perempat final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper