Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jakpro Ungkap Alasan Formula E Tak Digelar di Indonesia Tahun Ini

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengungkapkan penyelenggaraan balapan mobil listrik Formula E Jakarta tak digelar tahun ini.
Formula E Jakarta tak digelar pada 2024 / ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym.
Formula E Jakarta tak digelar pada 2024 / ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengungkapkan penyelenggaraan balapan mobil listrik Formula E Jakarta tak digelar tahun ini.

Indonesia dipastikan tak ambil bagian dalam ajang balapan Formula E tahun ini.

Pasalnya, Formula E Jakarta diundur ke 2025 karena Indonesia masih berfokus pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Diundur tahun depan, jadi tahun ini kita tidak ikut karena Pemilu," ucap Project Director Jakarta EPrix 2023 Ivan Cahya Permana, Rabu (28/2/2024).

Ivan mengatakan, pengunduran ini sudah menjadi kepastian pasti yang telah diputuskan sebelum Pemilu 2024 bersama pemegang lisensi balapan mobil listrik Formula E Operation (FEO).

Sementara terkait biaya komitmen (commitment fee), Jakpro menyatakan siap mengikuti kesepakatan kontrak yang sudah dijanjikan penyelenggara.

"Kita mengikuti apa yang ada saja, kan commitment fee sudah ada kontraknya kita ikuti," ujarnya.

Ivan menambahkan, pihak Jakpro akan memberikan pengumuman khusus terkait berapa hari penyelenggaraan Formula E akan diadakan di Indonesia nantinya.

"Nanti itu ada pengumuman khusus kalau sudah yakin," ucapnya.

Kota Jakarta tidak masuk dalam kalender Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA musim mendatang karena bersamaan waktunya dengan masa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dilansir dari keterangan resmi Formula E, kota Jakarta dicoret dari kalender balapan musim kesepuluh itu karena balapan yang rencananya digelar pada 8 Juni 2024 di Sirkuit Internasional E-Prix Ancol tersebut bertabrakan dengan masa Pemilu 2024.

Adapun kontrak antara FEO dan JakPro itu berdurasi tiga tahun sejak 2022 hingga 2024 sehingga jika dibatalkan atau diundur maka akan menyalahi kesepakatan dan tercatat sebagai pelanggaran.

Sebelumnya, anggota Komisi B DPRD DKI M Taufik Zoelkifli menegaskan balap mobil listrik internasional, Formula E 2024 semestinya tetap diselenggarakan di Jakarta karena sudah ada kontrak kerja sama bisnis di antara pihak terkait.

Karena itu, dia meminta PT Jakarta Propertindo (Perseroda) memperdalam komunikasi terkait Formula E karena bersamaan dengan masa Pemilu 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper