Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uji Coba VAR di Bogor, Waketum PSSI: Digunakan saat Championship Series

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) dan PSSI mengadakan uji coba penerapan Video Assistant Referee (VAR) tahap ketiga di Lapangan JSI, Resort, Megamendung, Bogor.
PSSI dan PT LIB uji coba VAR di Bogor/PSSI.
PSSI dan PT LIB uji coba VAR di Bogor/PSSI.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) dan PSSI mengadakan uji coba penerapan Video Assistant Referee (VAR) tahap ketiga di Lapangan JSI, Resort, Megamendung, Bogor, Sabtu (17/2/2024).

Uji coba VAR dihadiri oleh Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus dan Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria.

Delapan kamera dipasang di sejumlah titik dan digunakan dalam uji coba yang mempertandingkan klub Sekolah Sepak Bola (SSB) lokal.

"Intinya hari ini kalau kita lihat mulai dari alat peraga. Alat peraga yang didemonstrasikan atau yang kita gunakan sekarang ini, mulai dari simulator, kemudian semua peralatan yang ada ini persis seperti yang juga digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023," ujar Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus.

Sebelumnya, teknologi VAR juga sudah dipakai di 4 stadion yang menjadi venue Piala Dunia U-17 Indonesia.

Hanya saja saat itu peralatan VAR merupakan kepunyaan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dan bukan milik PT LIB atau PSSI.

Terpisah, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha mengungkapkan VAR sudah dapat diaplikasikan pada championship series Liga 1 2023-2024.

Babak penentuan juara Liga 1 2023-2024 itu rencananya akan digelar pada 4-26 Mei.

Ratu Tisha menjelaskan saat ini penerapan VAR masih harus melalui beberapa tahap.

Salah satunya melalui tahap persetujuan dan penilaian terakhir wasit dan asisten wasit VAR yang dilakukan oleh FIFA.

"Untuk bertugas masih akan menunggu persetujuan dari FIFA sebagai penilaian terakhir mereka (wasit) kemudian melakukan pertandingan uji coba. Rencananya, FIFA akan hadir di sini antara tanggal 1 dan tanggal 8 Maret untuk melihat latihan terakhir kesiapan di batch 1 (wasit) ini," tutur Ratu Tisha.

Dalam uji coba ini, wasit dan asisten wasit melakukan simulasi operator tayang ulang, yang digunakan sebagai pertimbangan dalam keputusan-keputusan penting.

Hal itu meliputi pengambilan keputusan gol sah atau tidak sah, pengecekan penalti atau tidak penalti, kemungkinan pelanggaran berpotensi kartu kuning atau kartu merah, dan kesalahan pengidentifikasian oleh wasit utama atau hakim garis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper