Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Klinsmann Bertekad Bawa Timnas Korsel Juara Piala Asia 2023 Qatar

Juergen Klinsmann bertekad membawa tim nasional Korea Selatan (Korsel) menjuarai Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar.
Pelatih Korea Selatan, Jurgen Klinsmann/Reuters-Mike Segar
Pelatih Korea Selatan, Jurgen Klinsmann/Reuters-Mike Segar

Bisnis.com, JAKARTA - Juergen Klinsmann bertekad membawa tim nasional Korea Selatan (Korsel) menjuarai Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar.

Hal itu jelas merupakan target tinggi bagi pelatih yang tidak memenangi satu pertandingan pun dari lima laga pertamanya bersama Korsel.

Klinsmann tidak pernah menghadirkan nuansa optimisme yang sama saat dirinya masih aktif bermain.

Para penggemar Korsel sendiri telah bersikap skeptis saat penyerang legendaris Jerman itu ditunjuk menjadi arsitek timnas 11 bulan silam. Hal itu dilandasi catatan tidak meyakinkan Klinsmann sebagai pelatih, dan ia segera menjadi sorotan menyusul serangkaian hasil buruk.

Mantan pelatih timnas AS itu juga menghadapi kritik dari media dan para penggemar perihal dirinya yang lebih banyak menghabiskan waktu di California, AS, ketimbang di Korsel.

Penampilan timnas Korsel berangsur membaik, namun kegagalan pada Piala Asia dapat berujung pada berakhirnya karier kepelatihan Klinsmann.

Klinsmann sebelumnya menjadi pelatih Hertha Berlin selama sepuluh pekan pada musim 2019/2020.

Meski suasananya sedang tidak kondusif, Klinsmann yakin bahwa para penggemar Korsel dapat mengharapkan tim yang dipimpin Son Heung-min mampu mengakhiri puasa gelar Piala Asia selama lebih dari 60 tahun.

“Kami harus menuju tujuan tertinggi, dan jika kami tidak mencapainya, maka itu adalah kesalahan pelatih. Tidak masalah,” ucap Klinsmann seperti dikutip AFP.

Klinsmann memiliki salah satu skuad terkuat di turnamen Piala Asia, yang kembali dipimpin oleh penyerang dan kapten Tottenham Hotspur, Son.

Son telah lama diandalkan oleh Korsel, namun sejumlah rekan setimnya kini juga tengah menjalani penampilan apik di klubnya masing-masing.

Penyerang lain, Hwang Hee-chan tampil impresif untuk Wolverhampton musim ini. Ia mengoleksi sepuluh gol dari 20 pertandingan Liga Inggris.

Gelandang serang Lee Kang-in, yang diabaikan oleh pelatih timnas Korsel sebelumnya Paulo Bento, semakin sering dimainkan oleh PSG dan pemain 22 tahun itu dapat menjadi salah satu bintang yang menonjol di Piala Asia.

Di lini belakang, bek tengah Kim Min-jae merupakan pemain reguler Bayern Munich setelah memenangi gelar Liga Italia bersama Napoli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper