Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Miliarder Jim Ratcliffe Rogoh Rp83 Triliun Kuasai 25% Saham Manchester United

Ratcliffe akan membayar US$33 per saham dengan total 25% saham Manchester United melalui perusahaan konglomerasinya yang bergerak di bidang kimia, Ineos Group
Stadion Old Trafford milik klub Manchester United (MU). Mirror.co.uk
Stadion Old Trafford milik klub Manchester United (MU). Mirror.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Miliarder asal Inggris Jim Ratcliffe telah menyelesaikan transaksi pembelian saham klub sepak bola Inggris Manchester United usai mengalahkan tawaran para rival dari perusahan minyak dan perusahaan hedge fund.

Dilansir Bloomberg pada 24 Desember 2023, Ratcliffe akan membayar US$33 per saham dengan total 25% saham Manchester United melalui perusahaan konglomerasinya yang bergerak di bidang kimia, Ineos Group. Secara total, miliader ini membayar sekitar US$5,4 miliar atau setara Rp83,4 triliun. Nilai ini lebih rendang dibandingkan dengan proyeksi awal senilai US$6 miliar.

Masuknya Ratcliffe, yang merupakan salah satu orang terkaya di Inggris, menandai era berakhirnya proses penjualan oleh keluarga Glazer. Sebagai informasi, keluarga pemilik Manchester United ini memulai aksi penjualan saham klub sejak setahun yang lalu.

Bloomberg sebelumnya telah memberitakan bahwa keluarga Glazer akan mempertimbangkan penjualan saham minoritas klub dan Ratcliffe berada di barisan terdepan sebagai calon pembeli.

Berdasarkan pengumuman yang dirilis pada Minggu (24/12/2023), Ratcliffe akan mengakuisisi 25% dari saham Class B yang dimiliki oleh keluarga Glazer dan mulai tender offer untuk 25% saham Class A.

Kemudian, sang miliader akan berinvestasi senilai US$300 juta ke klub dan akan mendapatkan 2 kursi di jajaran petinggi. Sebelumnya, Ratcliffe bertarung dengan penawaran dari Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, anak laki-laki ketiga dari mantan perdana menteri Qatar.

Namun tidak ada penawar yang dapat menandingi keinginan Joel dan Avram Glazer untuk menjadikan Manchester United sebagai aset olahraga termahal di dunia.

Calon investor dari Qatar tersebut memberikan pernyataan tegas bahwa mereka tidak akan membeli saham klub dengan harga tinggi. Sebelum perang penawaran dimulai, Sheikh Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani dan ayahnya mengatakan kepada Bloomberg bahwa investasi di klub sepak bola Premier League adalah favorit mereka.

Pada Oktober 2023, calon investor dari Qatar itu menarik penawarannya dan mengklaim menawarkan sekitar 5 miliar poundsterling, tetapi kemungkinan nilai tersebut termasuk utang dan pembiayaan untuk fasilitas seperti tempat pelatihan.

Dari sini, hanya tinggal Ratcliffe yang akan mengurus klub besar itu bersama Joel dan Avram Glazer, yang mendapatkan warisan klub berjuluk Setan Merah ini dari ayah mereka. Keluarga Glazer diketahui mendapatkan kekayaan dari bisnis investasi dari sejumlah sektor, termasuk real estat dan penyiaran.

Kemenangan itu juga mengukuhkan rencana Ratcliffe untuk membangun kerajaan olahraga pribadinya, usai gagal dalam upayanya untuk membeli Chelsea FC pada tahun lalu.
Melalui perusahaan raksasa kimianya Ineos, Ratcliffe juga memiliki OGC Nice Ligue 1 Prancis, grup balap sepeda yang sebelumnya dikenal sebagai Team Sky, dan saham di tim Formula Satu Mercedes-AMG Petronas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper