Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wasaka International Stadium, Janji Anies Baswedan Bangun Stadion Baru di Banjarmasin

Capres koalisi perubahan, Anies Baswedan, akan membangun stadion bertaraf internasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan bernama Wasaka International Stadium.
Calon presiden Anies Baswedan berjanji akan membangun stadion bertaraf internasional di Banjarmasin bernama Wasaja International Stadium/Bisnis-Nuhansa Mikrefin
Calon presiden Anies Baswedan berjanji akan membangun stadion bertaraf internasional di Banjarmasin bernama Wasaja International Stadium/Bisnis-Nuhansa Mikrefin

Bisnis.com, JAKARTA - Calon Presiden (Capres) koalisi perubahan, Anies Baswedan, berjanji akan membangun stadion bertaraf internasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, bernama Wasaka International Stadium.

Seperti diketahui, Banjarmasin memiliki satu klub sepak bola yang bermain di kasta tertinggi Liga Indonesia (Liga 1) yaitu Barito Putera.

Namun, sejak lima musim ke belakang, Laskar Antasari bermain di stadion Stadion Demang Lehman yang berada di wilayah Banjar Baru karena stadiom 17 Mei sedang dalam renovasi.

Melihat hal tersebut, Anies berjanji akan membangun stadion taraf internasional di Banjarmasin seperti yang dia janjikan di Makassar.

"Jadi kami berencana membangun di Makassar Insya Allah kita akan bangun juga di Banjarmasin supaya klub di Banjarmasin bisa kembali bertanding di sini," kata Anies Baswedan dalam acara Desak Anies di Banjarmasin, Selasa (5/12/2023).

Pembangunan stadion bertaraf internasional di Banjarmasin nantinya bukan hanya digunakan untuk pertandingan sepak bola. 

Anies menyampaikan pembangunan ini dilakukan untuk mempersatukan masyarakat dalam berbagai event seperti kesenian dan kebudayaan.

Eks Gubernur DKI Jakarta ini membocorkan akan menamai stadion di Banjarmasin ini dengan nama Wasaka Internasional Stadium. Wasaka sendiri merupakan singkatan dari Waja Sampai Kaputing atau dalam arti usaha sampai akhir.

"Jadi mari kita kembalikan Barito Putera untuk bertanding di Banjarmasin. Wasaka Internasional Stadium, itu namanya nanti. Apa kepanjangannya Wasaka? Waja Sampai kaputing," ujarnya.

Lebih lanjut, selain di Banjarmasin dan Makassar, Anies mengatakan bahwa dirinya akan membangun beberapa stadion lagi di delapan tempat lainnya.

Namun, Anies tidak membocorkan kota mana saja yang akan dibangun stadion bertaraf internasional.

"Kami berencana bukan hanya di Banjarmasin Insya Allah ada sekitar 10 kota yang nanti akan kita bangun juga. Nah itu diumumkannya nanti, jangan sekarang. Satu-persatu aja pengumumannya," ucap Anies.

Sebelumnya, Anies memaparkan programnya membuat stadion berstandar FIFA di Makassar yang diberi nama Mattoangin International Stadium.

Nama Mattoangin International Stadium tercetus saat Anies Baswedan bertemu dengan perwakilan kelompok suporter PSM Makassar di Gori Artisan Building, Makassar, Sabtu (18/11/2023) malam.

Dalam pidatonya, Anies berjanji akan membangun stadion dengan standar FIFA di Makassar yang diberi nama Mattoangin International Stadium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper