Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aquabike Jetski World Championship 2023 Catat Sejarah Baru di Danau Toba

Aquabike Jetski World Championship 2023 siap digelar di Danau Toba pada 22-26 November mendatang.
Aquabike Jetski World Championship Danau Toba (ANTARA/HO)
Aquabike Jetski World Championship Danau Toba (ANTARA/HO)

Bisnis.com, MEDAN – Aquabike Jetski World Championship 2023 siap digelar di Danau Toba pada 22-26 November mendatang.

Event internasional ini akan mencatatkan sejarah baru di Danau Toba yang menjadi arena balap jetski internasional di empat kabupaten sekaligus. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatra Utara (Sumut) Zumri Sulthony mengatakan, berbagai gelaran tradisi dan budaya akan turut memeriahkan ajang balap jetski internasional ini. 

"Masing-masing kabupaten telah mempersiapkan side event yang juga luar biasa. Di Samosir ada kompetisi Solu Bolon dengan hadiah total Rp250 juta, di Toba ada Pesta Rakyat dan di Karo ada pagelaran seni, serta penampilan band nasional. Mari sama-sama kita ramaikan Aquabike Jetski World Championship ini," kata Zumri usai acara Bincang Hangat Aquabike 2023 di Pos Bloc, Kesawan, Medan, Jumat (17/11/2023).

Aquabike Jet Ski World Championship 2023 akan digelar di Kabupaten Karo, Dairi, Samosir, dan Toba. Ada 22 negara yang akan berpartisipasi dalam ajang olahraga air internasional kedua yang digelar di Danau Toba tahun 2023 ini.

Melihat potensi ekonomi yang legit, Zumri pun mendorong pengusaha lokal agar mempersiapkan dengan baik produk atau layanan yang ditawarkan.

“Saya mengimbau kepada pengusaha lokal, persiapkan dengan baik produk atau layanan misalnya hotel, homestay, restaurant, tempat makan, produk-produk UMKM dan lainnya sehingga pengunjung puas dan mau berlama-lama di Danau Toba,” ujarnya. 

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo memastikan saat ini persiapan Aquabike Jetski World Championship Danau Toba sudah matang. Dia berharap perpaduan olahraga dan pariwisata seperti Aquabike Jetski World Championship ini memberikan dampak besar kepada masyarakat.

“Ini contoh perpaduan yang sangat baik, belajar dari event sebelumnya yang sangat sukses (F1H20). Kita akan terus dorong event-event berskala internasional bukan hanya ke Danau Toba, tetapi juga ke seluruh Indonesia,” kata Dito Ariotedjo yang hadir secara virtual.

Direktur Pemasaran InJourney Maya Watono mengatakan, salah satu gelaran yang mengiringi Aquabike Jetski World Championship ialah kompetisi balap dayung Solu Bolon yang akan diselenggarakan pada 24 November 2023.

Kompetisi ini sebagai bagian dari pesta rakyat yang diikuti peserta dari delapan kabupaten yang mengelilingi Danau Toba untuk memperebutkan piala bergilir. 

“Kompetisi Solu Bolon berbarengan dengan event internasional Aquabike Jetski World Championship. Ini merupakan upaya kami melestarikan tradisi masyarakat sekitar Danau Toba dan sekaligus memperkenalkannya ke dunia internasional,” kata Maya Watono.

Aquabike Jetski World Championship Danau Toba akan diselenggarakan pada 22-26 November 2023. Kurang lebih ada 100 rider dengan 200 official dari 22 negara yang akan bertanding, termasuk 5 pembalap dari Indonesia. 

“Kami optimistis semua event ini akan memberikan multiplier effect yang luas bagi Provinsi Sumatera Utara,” tutup Maya. (K68) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper