Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Klub-klub Indonesia yang Kibarkan Bendera Palestina, Persiraja Langsung Disanksi

Tim Liga 2 Persiraja Banda Aceh harus menanggung sanksi dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI karena oknum suporternya mengibarkan bendera Palestina.
Tim Liga 2 Persiraja mendapat sanksi karena suporternya mengibarkan bendera Palestina/Reuters
Tim Liga 2 Persiraja mendapat sanksi karena suporternya mengibarkan bendera Palestina/Reuters

Bisnis.com, SOLO - Tim Liga 2 Persiraja Banda Aceh harus menanggung sanksi dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI karena oknum suporternya mengibarkan bendera Palestina.

Mengutip dari laman resmi PSSI, Komdis PSSI menjatuhkan sanksi untuk tim Liga 2 Persiraja Banda Aceh.

Musababnya, oknum suporter Persiraja dinilai membuat ulah dengan mengibarkan bendera Palestinasaat timnya menjamu Semen Padang dalam ajang Liga 2 pada 21 Oktober lalu.

"Terdapat penonton memasuki area lapangan tanpa izin dengan menampilkan slogan terkait isu politis tertentu," bunyi pelanggaran yang dimaksud Komdis PSSI dalam sidang tanggal 26 Oktober 2023.

Atas perbuatan suporter mengibarkan bendera Palestina tersebut, Persiraja harus membayar denda Rp10 juta.

Namun Persiraja bukan satu-satunya tim yang suporternya mengibarkan bendera Palestina di stadion.

Sebanyak 2 tim Liga 1 ketahuan mengibarkan bendera yakni Persib Bandung dan PSM Makassar.

Suporter Persib membentangkan bendera Palestina di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) saat menjamu PSS Sleman pada 28 Oktober 2023.

Insiden tersebut viral karena suporter memprotes steward saat mencoba melepaskan bendera Palestina yang tergantung di pagar tribune.

Hal itu sampai membuat manajemen Persib merilis pernyataan mengenai larangan mengibarkan bendera Palestina dan menyuarakan slogan-slogan politis di stadion.

"Karena bisa dinilai sebagai pelanggaran regulasi kompetisi, Persib mengajak kepada semua pihak untuk tidak mengekspresikan sikap politik pribadi atau kelompok saat pertandingan berlangsung di stadion," bunyi keterangan pada laman resmi Persib, Jumat (3/11/2023).

Hal serupa terjadi di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat (3/11/2023).

Kala PSM menjamu Persija Jakarta pada lanjutan Liga 1 2023-2024, terdapat bendera Palestina yang dikibarkan suporter di tribune.

Bahkan, terlihat bendera Palestina berukuran besar yang diwujudkan dalam koreo sebagai bentuk dukungan untuk negara yang tengah berkonflik dengan Israel tersebut.

Persib dan PSM memang belum mendapat sanksi dari Komdis PSSI. Namun, besar kemungkinan kedua tim ini akan mengalami nasib yang sama dengan Persiraja dalam sidang Komdis PSSI selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper