Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kiat-kiat Jakpro untuk Jaga Kualitas Rumput JIS demi Piala Dunia U-17

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin membeberkan proses perawatan rumput di Jakarta International Stadium (JIS).
Jakarta International Stadium/Dok. Tangkapan layar instragram
Jakarta International Stadium/Dok. Tangkapan layar instragram

Bisnis.com, SOLO - Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin membeberkan proses perawatan rumput di Jakarta International Stadium (JIS).

JIS menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Setelah melalui polemik mengenai kesiapan sarana dan prasarana, JIS akhirnya terpilih menjadi venue utama Piala Dunia U-17 yang dipusatkan di Jakarta.

Namun, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) memberi catatan serius untuk kondisi rumput JIS yang sebelumnya dinilai tak sesuai standar.

Kini setelah rumput JIS diganti, Jakpro selaku pengelola stadion tersebut terus mempersiapkan diri.

Direktur Utama Jakpro Iwan Takwin mengatakan, rumput JIS dirawat dengan serius agar kualitasnya tetap terjaga.

Dia mengatakan, rumput JIS akan digulung secara manual untuk menjaga keutuhan akar. Selanjutnya, rumput sintetis tersebut akan dirawat di lokasi nursery rumput.

"Proses penggantian rumput ini ke depannya akan sering kami lakukan mengingat intensitas setiap pertandingan sepak bola berbeda-beda. Ada yang dua kali sehari atau tiga kali sehari, sehingga kualitas rumput pun perlu dijaga sesuai dengan intensitas pertandingan dan penggunaan lapangan tersebut," kata Iwan Takwin dalam keterangan resmi, Kamis (31/8/2023).

Iwan menambahkan bahwa proses perawatan rumput JIS dilakukan agar pertumbuhan rumput sempurna dan optimal.

Dengan demikian, lanjutnya, dia berharap rumput JIS tak terkelupas atau rusak saat menggelar pertandingan dengan intensitas tinggi di Piala Dunia U-17.

"Proses treatment yang ada di nursery ini untuk memastikan supaya rumput tumbuh lebih baik dan sempurna, rumput-rumput yang mengalami stres karena intensitas pertandingan yang tinggi ini kami rawat di nursery agar rumput tersebut bisa melakukan recovery dan tumbuh normal kembali," tuturnya.

JIS menjadi satu dari empat stadion yang terpilih menjadi venue Piala Dunia U-17 2023 November mendatang.

Ketiga stadion lainnya adalah Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper