Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Final Piala AFF U-23, Indonesia vs Vietnam: Babak 1 Imbang, Vietnam Gagal Penalti

Hasil Final Piala AFF U-23, Indonesia vs Vietnam hingga babak pertama selesai masih imbang. Pemain Vietnam gagal mengeksekusi tendangan penalti.
Timnas Indonesia di Piala AFF U-23/PSSI
Timnas Indonesia di Piala AFF U-23/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil Final Piala AFF U-23, Indonesia vs Vietnam hingga babak pertama selesai masih sama kuat 0-0. Dalam pertandingan yang digelar di Rayong Provice Stadium, Sabtu (26/8/2023), Indonesia menguasai jalannya pertandingan.

Indonesia mendapat peluang pertama di pertandingan ini pada menit 13 lewat Beckham Putra. Namun sepakan Beckham usai melewati empat pemain masih terlalu lemah dan melenceng dari gawang Vietnam.

Vietnam langsung mencoba menyerang pertahanan Indonesia lewat sisi sayap usai diserang oleh skuad Shin Tae-yong.

Indonesia kembali mendapat peluang emas pada menit 17, namun Abdul Rahman yang sudah berdiri bebas tidak bisa menceploskan bola hasil umpan dari Haykal Alhafiz di sisi sebelah kiri.

Rifky Dwi Septiawan nyaris menjebol gawang Vietnam lewat tendangan bebas pada menit 23, namun kiper Quan Van Chian tampil gemilang dengan menepis ke luar lapangan.

Vietnam mendapat hadiah penalti pada menit 32 setelah wasit menganggap Alfeandra Dewangga melanggar Nguyen Minh Quang.

Namun penendang Vietnam, Dinh Xuan Tien, gagal memanfaatkan peluang emas tersebut setelah kiper Indonesia, Ernando Ari tampil heroik dengan menepis bola yang mengarah ke kanan.

Ernando kembali menyelamatkan gawang Indonesia setelah menepis secara akrobatik tendangan sudut yang berbahaya dari Vietnam.

Hingga babak pertama selesai, hasil final Piala AFF U-23, Indonesia vs Vietnam masih sama kuat 0-0.

Susunan Pemain Indonesia vs Vietnam, Final Piala AFF U-23:

Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari; Robi Darwis, Kadek Arel, Muhammad Ferarri, Alfeandra Dewangga, Haykal Alhafiz; Rifky Dwi Septiawan, Arkhan Fikri, Beckham Putra, Muhammad Ragil, Abdul Rahman.

Vietnam U-23: Quan Van Chian; Luong Duy Cuong, Ngueyn Ngoc Thang, Tran Nam Hai, Nguyen Duc Viet; Dinh Xuan Tien, Khuat Van Khang, Nguyen Minh Quang, Vo Hoang Minh Khoa, Phaem Dinh Duy; Nguyen Quoc Viet.

Perjalanan Timnas Indonesia selama Piala AFF U-23 di Thailand

Di Thailand, timnas yang menghuni Grup B bersama Malaysia dan Timor Leste tidak mengawali perjalanannya dengan mulus.

Pada pertandingan fase grup pertama melawan negeri jiran Malaysia, timnas yang sempat unggul oleh gol Ramadhan Sananta justru harus rela melihat sang lawan mampu bangkit dan membalikkan keadaan.

Malaysia mampu mencetak gol balasan melalui Fergus Tierney, dan pemain yang sama lantas mencetak gol penentu kemenangan untuk memastikan Harimau Malaysia menang 2-1 atas Indonesia.

Beruntung, pada laga kedua yakni melawan Timor Leste, Indonesia mampu mengamankan tiga poin. Ramadhan Sananta mengemas gol keduanya di ajang ini, untuk memastikan kemenangan tipis 1-0 atas Timor Leste.

Timor Leste kemudian takluk 1-3 dari Malaysia pada pertandingan terakhir fase grup. Hasil itu membuat Malaysia menjadi juara grup dengan enam poin, Indonesia berada di posisi kedua dengan tiga poin, dan Timor Leste di dasar klasemen dengan nol poin.

Hasil itu belum memastikan langkah Indonesia ke semifinal, karena empat tim semifinalis adalah para juara grup dan satu tim peringkat Indonesia terbaik. Artinya, Indonesia masih bersaing dengan Kamboja dari Grup A dan Filipina dari Grup C.

Penentuan peringkat kedua terbaik untuk melaju ke semifinal dilakukan dengan menghitung poin yang didapat tim dari pertemuan dengan tim peringkat pertama dan ketiga. Hal itu dilakukan karena hanya Grup A yang berisi empat tim.

Dari penentuan itu, didapat lah klasemen berikut: Indonesia menjadi juara grup mini dengan koleksi tiga poin, Filipina di posisi kedua dengan satu poin, dan Kamboja di posisi buncit juga dengan satu poin.

Namun masalah seputar pemain tidak terhenti pada Rizky Ridho dan Dzaky Asraf. Pasalnya, saat turnamen Piala AFF U-23 2023 berlangsung, dua pemain yakni Komang Teguh dan Titan Agung harus menjalani skors dari FIFA, sehingga keduanya dipulangkan ke tanah air.

Indonesia kemudian dipertemukan dengan tuan rumah Thailand di semifinal. Pertemuan terakhir antara kedua tim sebenarnya terjadi belum terlalu lama, yakni pada final SEA Games 2023 di Kamboja Mei silam.

Pada laga di Kamboja itu, Indonesia menjadi pemenang dengan skor 5-2 yang sekaligus mengakhiri puasa medali emas SEA Games selama 32 tahun.

Entah terkait dengan kemenangan di SEA Games atau tidak, yang jelas pada pertemuan melawan Thailand di semifinal, timnas Indonesia mampu tampil gemilang.

Jeam Kelly Sroyer dan Muhammad Ferarri mencatatkan namanya di papan skor saat melawan Thailand. Tim lawan sempat membalas lewat gol Chukid Wanpraphao, namun gol bunuh diri dari Natcha Promsomboon memastikan kemenangan 3-1 untuk Indonesia.

Perjalanan Vietnam ke final Piala AFF U-23 2023

Berbanding terbalik dengan Indonesia, timnas Vietnam justru tampil cemerlang sejak fase grup. Di Grup C, mereka mengantungi kemenangan 4-1 atas Laos dan menang 1-0 atas Filipina, untuk membawa Vietnam memuncaki klasemen grup.

Lawan Vietnam di semifinal, Malaysia, dihantam tanpa malu-malu. Sang Juara Grup B itu dihantam 4-1 oleh Vietnam, untuk membuka jalan menuju ke final.

Itu sebabnya di atas kertas, Vietnam menjadi momok yang sangat mengerikan bagi Indonesia. Namun bukan berarti timnas Indonesia boleh mengibarkan bendera putih sebelum sepak mula dilakukan nanti malam.

Terlebih, jika ingin mengambil sedikit cocoklogi, sebagaimana Thailand yang kerap menjadi hantu bagi Indonesia, Vietnam pun dihantam Indonesia dengan skor 3-2 pada pertemuan terakhir kedua tim, di semifinal SEA Games 2023 silam.

Maka, rasanya saat ini adalah waktu yang sangat cocok bagi Pelatih Shin untuk mengangkat trofi pertama bersama Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper