Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejarah! Medina Warda Aulia Lolos 16 Besar Piala Dunia Catur 2023

Medina Warda Aulia kembali mencatatkan sejarah setelah berhasil lolos 16 Besar Piala Dunia Catur 2023.
Medina Warda Aulia
Medina Warda Aulia

Bisnis.com, SOLO - Medina Warda Aulia kembali mencatatkan sejarah setelah berhasil lolos 16 Besar Piala Dunia Catur 2023.

International Master (IM) Medina Warda Aulia sukses memperbaruhi rekornya sebagai pecatur terbaik dunia. Sejarah baru dicatatkan Medina pada ajang Piala Dunia Catur (FIDE Women's World Cup) 2023 di Baku, Azerbaijan.

Pecatur andalan Indonesia kelahiran 1997 ini berhasil lolos ke babak keempat alias 16 besar di ajang tersebut. Media menyudahi perlawanan Alina Bivol asal Rusia tampa ampun di babak 32 besar.

Dengan lolosnya Medina ke babak 16 besar Piala Dunia Catur (FIDE Women's World Cup) 2023, ia menjadi pecatur Indonesia putri pertama yang lolos ke ajang tersebut.

Sebelum lolos ke babak 16 besar, Medina juga menorehkan catatan ciamik di babak 32 besar. Bagaimana tidak, pada babak ketiga ajang catur paling bergengsi dunia tersebut, Medina menahan remis dari Alina.

Hasil ini bukan hanya mengantarkan Medina ke babak keempat dengan skor akhir 1,5-0,5 namun juga membuatnya mencatatkan prestasi gemilang.

Medina tampil memegang buah putih dan bergerak cukup agresif sejak awal game. Dengan menggunakan Philidor Defense, Medina membuka langkah pion e4.

Pergerakan Medina tersebut sempat dibalas Alina dengan pion e5. Akan tetapi, Kuda f3 Medina membuat pergerakan pion d6 Alina kacau.

Sampai langkah ke-17, permainan masih imbang. Akan tetapi hal berbeda terjadi di langkah ke-18.

Memasuki langkah ke-18, Medina mulai memancing Alina dengan memainkan gajah ke petak e4. Alina menjawab dengan menteri d6. Langkah ini dianggap blunder. 

Tak ingin membuang kesempatan, Medina memainkan langkah berani sekaligus brilian, yakni mengorbankan gajahnya dengan memakan pion lawan di petak h7.

Inilah yang kemudian membuat permainan Alina mulai tidak seimbang hingga pada akhirnya merengkuh kekalahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper