Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar 10 Stadion Terbaik di Dunia, GBK Peringkat Berapa?

Gelora Bung Karno (GBK) masuk dalam daftar 10 stadion terbaik di dunia. Ada di peringkat berapakah Stadion GBK?
Kawasan Stadion Gelora Bung Karno/Bisnis-Andhika
Kawasan Stadion Gelora Bung Karno/Bisnis-Andhika

Peringkat Stadion GBK

3. Wembley Stadium, Inggris

Meski berada di peringkat ketiga dengan skor 79,5 indeks stadion, Stadion Wembley memiliki kapasitas tempat duduk paling besar di antara 10 stadion dalam peringkat, yakni 90.000 bangku. Diketahui stadion ini juga menjadi yang terbesar di Inggris.

Stadion dengan rata-rata 3 gol tercetak pada setiap pertandingan ini menjadi lokasi bersejarah di mana klub bola Three Lions untuk pertama dan terakhir menyabet piala World Cup di FIFA World Cup 1966.

4. MetLife Stadium, Amerika Serikat

Stadion MetLife di Amerika Serikat menempati urutan keempat dengan total skor 79,03 indeks stadion Ticketgum. Menurut situs resminya, stadion dengan rata-rata 4 gol yang tercetak pada setiap pertandingan ini telah menjadi tempat perhelatan 550 pertandingan besar dan 3.000 acara spesial.

Di samping itu, stadion berkapasitas 82.500 tempat duduk ini juga akan menjadi stadion tuan rumah untuk FIFA World Cup 2026 mendatang.

5. Estadio Olimpico Universitario, Meksiko

Menempati urutan kelima, stadion kandang UNAM Pumas, klub bola yang berbasis di Ciudad Universitaria Meksiko. Total skor indeks stadion yang diperoleh 78,05, rata-rata 4 gol tercetak pada setiap pertandingan dan rating Google 4,7.

Estadio Olímpico Universitario juga pernah menjadi tuan rumah untuk FIFA World Cup pada tahun 1986 dengan kapasitas 68.954 tempat duduk.

6. Estadio Azteca, Meksiko

Masih dari negeri sombrero, stadion terbaik dunia keenam adalah Estadio Azteca, stadion tempat legenda sepak bola Diego Maradona meraih satu-satunya piala dunia yang dimenangkannya pada 1986.

Estadio Azteca mencetak skor 75,82 dalam indeks stadion dengan rata-rata 3 gol tercetak di setiap pertandingan dan rating Google yang mencapai 4,5. Saat ini, Estadio Azteca berkapasitas 87.523 tempat duduk.

Namun, sebelumnya stadion ini pernah menampung hingga lebih dari 119 penonton pada pertandingan Meksiko melawan Brazil tanggal 7 Juli 1968.

7. Old Trafford, Inggris

Stadion kandang bagi klub bola kenamaan Manchester United ini memperoleh skor 73,98 pada indeks stadion. Stadion ini juga dikenal dengan julukan Theatre of Dreams, semenjak mantan pesepak bola Bobby Charlton menyebutnya demikian dalam buku Soccer karya John Riley.

Old Trafford berkapasitas 76.000 tempat duduk. Namun selain menjadi stadion terbaik dengan rata-rata 3 gol tercetak di setiap pertandingan, Old Trafford juga memiliki museum tempat menyimpan seluruh trofi yang diraih oleh klub.

8. Gelora Bung Karno (GBK), Indonesia

Indonesia dengan bangga menjadi satu-satunya negara Asia yang mengisi daftar di urutan ke-8 dengan skor 72,52 indeks stadion untuk Stadion Utama Gelora Bung Karno. Stadion yang awalnya dibangun khusus untuk Asian Games pada 1962 ini memiliki rata-rata 3 gol tercetak di setiap pertandingan.

Meski secara resmi berkapasitas 77.193 tempat duduk, Stadion Utama GBK ini diketahui pernah menampung hingga 150.000 penonton saat kejuaraan final antara PSMS dan Persib tahun 1985.

9. Santiago Bernabéu, Spanyol

Stadion milik Spanyol lainnya kembali mengisi daftar, kali ini di urutan ke-9 dengan Santiago Bernabéu yang memperoleh skor 71,91 indeks stadion. Rata-rata 3 gol tercetak pada setiap pertandingan yang dihelat di Santiago Bernabéu.

Sebagai stadion kandang Real Madrid, nama stadion ini diambil dari nama mantan pemain, pelatih, dan pemimpin klub Santiago Bernabéu yang mengawasi pembangunan stadion sejak 1940-an hingga 1950-an.

10. Gillette Stadium, Amerika Serikat

Di urutan terakhir, Stadion Gillette di Amerika Serikat memperoleh skor 70,82 indeks stadion. Rata-rata 3 gol tercetak pada setiap pertandingan di stadion ini.

Stadion yang resmi dibuka pada tahun 2002 ini memiliki kapasitas 68.765 tempat duduk. Di samping itu, Stadion Gillette terkenal sebagai rumah bagi layar video HDTV terbesar di stadion NFL luar ruangan. Selain itu, stadion ini juga memiliki lebih dari 1.000 monitor televisi di seluruh penjuru stadion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper