Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Sumardji, Manajer Timnas Indonesia yang Dipukuli di Final Sea Games 2023

Manajer Timnas Indonesia Kombes Pol Sumardji menjadi salah satu korban dalam fraksi antara kedua ofisial dan beberapa pemain di laga final Sea Games 2023
Profil Sumardji, Manajer Timnas Indonesia yang Dipukuli di Final Sea Games 2023 / Twitter
Profil Sumardji, Manajer Timnas Indonesia yang Dipukuli di Final Sea Games 2023 / Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Laga final antara Timnas Sepak Bola Indonesia dan Thailand di Sea Games 2023 diwarnai kericuhan pada babak tambahan pertama atau usai Garuda mencetak gol ketiga. Manajer Timnas Indonesia Kombes Pol Sumardji menjadi salah satu korban dalam fraksi antara kedua ofisial dan beberapa pemain.

Kericuhan berawal dari selebrasi ofisial timnas Indonesia atas gol Irfan Jauhari pada masa awal babak tambahan pertama. Selebrasi tersebut diduga menyulut emosi ofisial timnas Thailand sehingga kericuhan terjadi. 

Akibatnya, wasit memberikan sejumlah kartu merah kepada pemain dan ofisial kedua tim. Wajah Sumardji pun tampak memar dan terluka usai kericuhan itu dan langsung dipapah ke pinggir lapangan.

Profil manajer Timnas Indonesia Kombes Pol Sumardji

Sumardji merupakan perwira menengah polisi dengan pangkat Komisaris Besar (Kombes). Pria kelahiran 12 Februari 1972 ini mengemban amanat sebagai Auditor Kepolisian Madya Tk. III Itwasum Polri sejak 23 Desember 2022.

Lulusan Secapa Polri tahun 2001 yang berpengalaman dalam bidang lantas menduduki Dirlantas Polda Bengkulu sebelum menjadi auditor kepolisian.

Di dunia sepak bola Tanah Air, Sumardji mengawali kariernya sebagai manajer klub Bhayangkara FC pada 2016. Sejumlah prestasi pun ditorehkannya bersama klub besutan Polri itu. Dia berhasil membawa Bhayangkara FC menjuarai Liga 1 musim 2017.

Sumardji pun dipercaya menjadi manajer langganan di Timnas Indonesia U19 dan U22 hingga senior. Bersama timnas, dia berhasil mendulang banyak prestasi di antaranya Piala AFF U22 tahun 2019 dan runner-up Sea Games 2019. 

Selain menjadi manajer timnas, Sumardji pernah ditunjuk sebagai anggota tim Satuan Tugas Tim Nasional Indonesia (Satgas Timnas) pada 2023 di bawah Ketua Umum PSSI saat itu, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Kemudian, di bawah kepemimpinan Erick Thohir, dia dipercaya menjadi anggota Exco PSSI periode 2023-2027 dan Manajer Timnas Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper