Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta Fernando Alonso 'Si Tua-Tua Keladi' Ajang F1 yang Masih Moncer Bareng Aston Martin

Pebalap F1 dari Aston Martin Aramco Cognizant F1 Team, Fernando Alonso menjadi sorotan di musim 2023, seiring keberhasilannya meraih 3 kali podium.
Fernando Alonso/Reuters-Toru Hanai
Fernando Alonso/Reuters-Toru Hanai

Podium Pembuka Bareng Tiga Tim Berbeda

Meraih podium dalam pembukaan musim F1 2023 membuat Alonso mendapat rekor yang tidak pernah diraih pembalap F1 lainnya. 

Pasalnya, Alonso tercatat meraih podium dalam tiga kali debut dengan tim berbeda. Pertama, mendapat juara ke-2 kala membela Vodafone McLaren Mercedes di Australia 2007. Kedua, menjadi yang terdepan bersama Ferrari pada F1 GP Bahrain 2010. Terbaru, Alonso meraih mendapat podium ke-3 bersama tim barunya yang bernuansa hijau tua itu di Bahrain pada musim ini.

Sampai saat ini Alonso pun telah masuk 10 besar pembalap dengan podium terbanyak sepanjang masa. Tepatnya urutan ke-6 dengan 101 podium. Alonso masih kalah dengan Hamilton dengan 192 podium, Schumacher dengan 155 podium, Sebastian Vettel dengan 122 podium, Alain Prost dengan 106 podium, dan Kimi Raikkonen dengan 103 podium.

Apabila performa Aston Martin masih bisa moncer sampai akhir musim, Alonso pun berpotensi terus merangsek ke posisi teratas dalam capaian podium terbanyak sepanjang masa.

Mengulang Masa Kejayaan

Biasanya pembalap berhasil meraih back-to-back podium alias podium beruntun hanya dalam masa kejayaannya. Namun, capaian Alonso pada musim ini seakan mengulang masa kejaannya dahulu kala masih membela tim kompetitif, sebab terakhir kali Alonso mendapat podium beruntun tercatat berada pada musim 2013 di F1 GP Italia dan F1 GP Singapura.

Alhasil, sudah satu dekade sejak Alonso lepas dari masa kejayaan masa mudanya, namun masih bisa mendapatkan podium beruntun.

Terlebih, khusus dari sisi pembalap berumur, Alonso merupakan urutan kedua sejak Jacques Laffite sebagai pembalap tua yang bisa meraih podium beruntun. Di mana Laffite pada musim F1 1986 kala itu berumur 42 tahun. Sementara untuk tiga kali podium beruntun sebagai pembalap tua, Alonso juga berada di urutan kedua sejak Juan Manuel Fangio meraihnya di umur 46 tahun, 2 bulan pada era F1 musim 1957.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper