Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tersingkir dari Piala Asia U-20 2023, Timnas U-20 Bakal Jalani TC di Korsel

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan, tim nasional U-20 Indonesia akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan.
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan, tim nasional U-20 Indonesia akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan setelah tersingkir dari Piala Asia U-20 2023.

Kepada pewarta di Jakarta, Rabu, Indra menyebut bahwa TC tersebut menjadi bagian dari persiapan untuk berkompetisi di Piala Dunia U-20 2023.

"Awalnya pelatih Shin Tae-yong meminta TC di Belanda. Namun, diubah ke Korea Selatan. Alasan spesifiknya saya tidak tahu, tetapi situasi Korea Selatan memang bagus untuk meningkatkan kondisi fisik. Para pemain juga sudah terbiasa berlatih di sana," ujar pria asal Sumatera Barat itu.

Indra pun menyampaikan bahwa dirinya masih harus membicarakan lebih lanjut soal TC di Korea Selatan itu dengan Shin Tae-yong.

Dia merasa perlu memastikan apakah timnas U-20 langsung berangkat ke Korea Selatan untuk TC setelah bertarung di Uzbekistan, tempat pelaksanaan Piala Asia U-20 2023.

Akan tetapi, Indra memprediksi skuad timnas U-20 dan Shin Tae-yong akan terlebih dahulu kembali ke Indonesia.

Hal itu karena Shin harus menyiapkan timnas senior Indonesia untuk menghadapi pertandingan persahabatan internasional FIFA yang dilaksanakan di rentang tanggal 20-28 Maret 2023.

"Nanti malam saya akan rapat dengan 'coach' Shin. Saya akan memastikan apakah mereka langsung TC lagi atau tidak. Kan, ada 'FIFA match day', jadi 'coach' Shin mempersiapkan itu," tutur Indra.

Timnas U-20 Indonesia gagal lolos dari fase grup, tepatnya Grup A, Piala Asia U-20 2023 setelah kalah selisih gol (-1) dari peringkat kedua Irak (+1) walau sama-sama berpoin empat dari tiga laga.

Irak pun lolos ke perempat final Piala Asia U-20 2023 bersama pemuncak klasemen Grup A Uzbekistan yang berpoin tujuh dari tiga pertandingan.

Meski tidak dapat melaju lebih jauh, Indonesia tetap memastikan satu tempat di Piala Dunia U-20 2023 karena berstatus tuan rumah.

Piala Asia U-20 2023 merupakan kompetisi kualifikasi menuju Piala Dunia U-20 2023, di mana empat tim yang mengunci tempat di semifinal berhak mendapatkan satu slot di turnamen bergengsi itu.

Piala Dunia U-20 2023 akan dilaksanakan di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Sampai saat ini, sudah ada 20 negara, dari total 24, yang dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2023 yaitu Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Brazil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Gambia, Nigeria, Senegal dan Tunisia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper