Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Erick Thohir, Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027, Mentereng!

Berikut ini adalah profil lengkap Erick Thohir yang resmi jadi Ketum PSSI periode 2023-2027.
Menteri BUMN Erick Thohir terpilih jadi Ketum PSSI baru/Bisnis-Lukman Nur Hakim.
Menteri BUMN Erick Thohir terpilih jadi Ketum PSSI baru/Bisnis-Lukman Nur Hakim.

Bisnis.com, SOLO - Menteri BUMN, Erick Thohir, resmi terpilih sebagai Ketum baru PSSI untuk periode 2023-2027 pada Rabu, 16 Februari 2023 siang WIB.

Seperti diketahui, Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI berlangsung di Hotel Shangri La, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Pada kongres tersebut, terdapat empat kandidat yang bertarung memperebutkan posisi sebagai PSSI 1.

Mereka adalah La Nyalla Mattalitti, Erick Thohir, Doni Setiabudi, dan Arif Wicaksono yang maju. Sementara satu kandidat lainnya, Fary Djemi Francis, mundur.

Dalam hasil penghitungan suara, Erick mendapatkan total mendapatkan sebanyak 64 suara. Sementara itu pesaing ketatnya, La Nyalla hanya mendapatkan 22 suara.

Itu artinya, Erick Thohir resmi menjadi Ketum PSSI yang baru. Berikut ini adalah profil lengkap Erick Thohir sang Ketum PSSI yang baru.

Profil lengkap Erick Thohir

Erick Thohir lahir di Jakarta pada tanggal 30 Mei 1970. Dia menyelesaikan pendidikan formal dari SD sampai SMA di Jakarta.

Meski demikian, Erick kemudian meneruskan kuliahnya sampai jenjang magister di Amerika Serikat. Sebelum jadi menteri, Erick Thohir adalah pengusaha dengan berbagai bidang yang digeluti.

Ia juga cukup aktif berkecimpung di bisnis olahraga. Erick Thohir mengawali kiprahnya di dunia olahraga setelah tertarik pada olahraga basket.

Pencapaiannya di dunia basket juga cukup sip. Tercatat, Erick menjadi ketua umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) periode 2004-2006.

Pemilik Persis Solo itu juga sempat menjabat sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) selama tiga periode. Sebagai infromasi, jabatan terakhirnya sebagai Presiden SEABA tersebut habis pada periode 2014-2019.

Bukan hanya itu, prestasi Erick Thohir di dunia olahraga juga bisa dibilang cukup mentereng. Ia bahkan sukses membuat Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023 yang dijadwalkan digelar pada 25 Agustus hingga 10 September mendatang.

Tak berhenti sampai di situ, Erick Thohir  juga pernah menjabat sebagai ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada 2015-2019. Dalam kepemimpinannya, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Erick Thohir dan bisnis olahraganya

Dalam dunia bisnis, Erick Thohir juga mulanya masuk dari dunia bola basket. Ia pernah menjadi pemilik saham klub NBA yakni Philadelphia 76ers. Ia juga memiliki saham di klub MLS, DC United.

Yang paling keren, Erick Thohir juga pernah menjadi pemilik klub raksasa Italia, Inter Milan pada tahun 2013.

Meski demikian Inter Milan dijual ke perusahaan China pada tahun 2016 dan DC United dia jual dua tahun setelahnya.

Tapi hal tersebut tak membuat bisnis olahraganya surut. Erick Thohir kini tercatat masih memiliki mayoritas saham klub Liga Inggris, Oxford United.

Di Liga Indonesia, Ketum PSSI baru ini juga menjadi pemilik Persis Solo bersama Kaesang Pangarep.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper