Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambut Sea Games 2023, Pelatnas Bola Voli Bakal Digelar Maret

Pemusatan Latihan Nasional (pelatnas) bola voli putra dan putri untuk Sea Games 2023 Kamboja akan mulai pada akhir Maret mendatang.
Pelatnas voli Sea Games 2023 dimulai Maret/Antara.
Pelatnas voli Sea Games 2023 dimulai Maret/Antara.

Bisnis.com, SOLO - Pemusatan Latihan Nasional (pelatnas) bola voli putra dan putri untuk Sea Games 2023 Kamboja akan mulai pada akhir Maret mendatang.

Dilihat dari waktu persiapan, tim bola voli Indonesia hanya punya satu bulan untuk persiapan menjelang pelaksanaan Sea Games 2023 pada 5-17 Mei.

Manajer Pelatnas Bola Voli Loudry Maspaitella mengatakan situasi yang terjadi pada pelatnas bola voli kali ini hampir sama dengan tahun lalu.

"Sebelumnya juga pelatnas Sea Games 2021 Vietnam hanya berlangsung lebih kurang satu bulan karena ada masalah pandemi, meskipun pada akhirnya tim bola voli putra bisa dapat emas dan putri raih perunggu," ucap Loudry Maspaitella, Senin (6/2/2023).

Dengan waktu pelatnas yang sangat pendek, Loudry memastikan tim bola voli hanya akan menjalani pemusatan latihan di dalam negeri tanpa ada uji coba ke luar negeri.

Mantan tosser timnas Indonesia itu menjelaskan sebanyak masing-masing 14 orang pemain putra dan putri sudah harus diputuskan Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) pada awal Maret untuk selanjutnya didaftarkan ke panitia Sea Games Kamboja paling akhir 5 Maret mendatang.

"Jadi, ketika kompetisi Proliga masih berjalan memasuki babak empat besar, nama-nama pemain timnas sudah harus ditetapkan. Bisa jadi ada pemain dari tim juara Proliga musim ini yang tidak masuk timnas, itu soal teknis dan PBVSI dengan tim pelatih nanti yang putuskan," ucap Kepala Seksi Voli Indoor PP PBVSI itu.

Loudry menambahkan tim pemantau yang dibentuk PBVSI saat ini sudah menjaring masing-masing 24 nama pemain putra dan putri untuk keperluan pelatnas.

Dari nama-nama itu ada pemain senior anggota timnas Sea Games 2021 dan pemain junior yang potensial.

Selain anggota timnas sebelumnya, penjaringan nama-nama pemain juga didasarkan dari penampilan mereka selama ajang Liga Bola Voli 2022 dan Proliga 2023 babak reguler putaran satu dan dua.

"PBVSI menargetkan tim putra bisa mempertahankan medali emas dan tim putri masuk final. PBVSI juga menginginkan timnas bermaterikan pemain senior junior dengan komposisi 60:40 persen. Untuk tim putra karena targetnya harus emas lagi, saya tidak mau ambil risiko, komposisi itu bisa diabaikan dan tidak harus 60:40," tutur Loudry.

Soal sosok pelatih, Loudry memastikan tim putra masih akan ditangani pelatih asal China Jiang Jie yang sukses mengantar Rivan Nurmulki dan kawan-kawan merebut medali emas di Vietnam. Sedangkan untuk tim putri masih belum diputuskan.

"Jiang Jie dalam waktu dekat akan datang ke Indonesia untuk memantau penampilan calon pemain timnas yang kini berlaga di Proliga," imbuhnya.

Loudry berharap semoga pemain-pemain yang didaftarkan Sea Games 2023 tidak mengalami cedera hingga berakhirnya Proliga 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper