Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Respons Hasil Piala Dunia 2022, Ma’ruf Amin: Maroko Lebih Menginspirasi

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyebut timnas Indonesia dapat mengambil banyak pelajaran dari penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar.
Timnas Maroko di Piala Dunia 2022/FIFA
Timnas Maroko di Piala Dunia 2022/FIFA

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyebut timnas Indonesia dapat mengambil banyak pelajaran dari penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Wapres Ma'ruf Amin menilai timnas Indonesia bisa memetik banyak hal dari Piala Dunia 2022. Apalagi skuad Garuda akan berhadapan dengan Kamboja pada laga pertama Piala AFF 2022, pada Jumat (23/12/2022).

Ma'ruf Amin mengatakan bahwa penampilan Maroko yang berhasil lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 dapat dijadikan acuan bagi Garuda muda untuk mempelajari cara bermain dari tim Singa Atlas tersebut.

"Pelajaran dari Piala Dunia 2022 yang penting bukan dari [pertandingan] Argentina lawan Perancis saja, tetapi lebih ke penampilan Maroko. Saya kira buat timnas Indonesia penting itu, biar [Maroko] tim yang tidak diperhitungkan tetapi bisa masuk semifinal dan mainnya bagus sekali, itu fenomena baru yang bisa dipelajari," ujar Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Selasa (20/12/2022).

Sebagai tambahan informasi, Maroko gagal membawa pulang medali Piala Dunia 2022, di mana tim arahan Walid Regragui harus puas finis di posisi keempat usai menghadirkan kejutan setelah mendepak Spanyol dan Portugal di fase gugur.

Maroko tumbang di semifinal melawan Prancis dan gagal meraih tempat ketiga setelah dikandaskan Kroasia 1-2 di Khalifa International Stadium, Sabtu (17/12/2022) malam WIB.

Ketua Tim Koordinasi Pusat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) ini mengatakan bahwa timnas Indonesia memiliki peluang yang sama untuk bersaing di pentas dunia, khususnya berhadapan dengan pemain-pemain barat.

"Jadi buat timnas Indonesia, yang bisa dipelajari berarti Maroko itu bisa juga menyaingi pemain Eropa maupun dari Amerika Latin, karena mereka melakukan pembinaan melalui upaya pembibitan, pelatihan dan juga mereka banyak pemainnya yang bermain di klub Eropa, Inggris, hingga Prancis," tuturnya.

Ma'ruf Amin melanjutkan Indonesia yang memiliki DBON diharapkan dapat mewujudkan mimpi ini dalam waktu segera, apalagi Tanah Air akan menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia U-20 pada 2023 ini.

"Maroko ini buat kita menjadi inspirasi, kalau Maroko bisa kenapa Indonesia tidak bisa. Nah, melalui DBON atau Desain Besar Olahraga Nasional ini saya kira bisa dijadikan semacam inspirasi bagaimana Indonesia bisa menjadi seperti Maroko, barangkali itu inspirasinya," ujar Ma’ruf.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut merespons hasil kemenangan Tim Tango atas Les Bleus di final Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar pada Minggu (18/12/2022).

Ketika ditanyai oleh wartawan di Istana Negara pada hari ini, Senin (19/12/2022), orang nomor satu di Indonesia itu mengaku tidak menyaksikan pertandingan Argentina melawan Prancis, tetapi dirinya menonton pertandingan antara Persib Bandung dan Persis Solo.

"[Tidak nonton Piala Dunia]. Kemarin itu saya nontonnya Persib melawan Persis, ini benar loh. Hasilnya 2-1 yang menang Persib," ujarnya yang disambut gelak tawa wartawan di Istana Negara, Senin (19/12/2022).

Sementara itu, Hasil final Piala Dunia 2022 Argentina kontra Prancis berakhir lewat drama adu penalti 4-2 usai kedua tim bermain imbang 3-3 hingga babak tambahan di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022).

Alhasil, ini adalah gelar Piala Dunia ketiga bagi Argentina setelah edisi 1978 dan 1986. Sebaliknya, hasil ini membuat catatan kekalahan Prancis di final Piala Dunia bertambah. Terakhir kali Prancis takluk di final Piala Dunia 2006 dari Italia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper