Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelatih Prancis Samai Rekor Legenda Sepak Bola, Mampukah Bawa Les Bleus Menang?

Kemenangan melawan Maroko membuat Pelatih Prancis Didier Deschamps menyamai rekor legenda sepak bola Jerman Franz Beckenbauer dan Argentina Carlos Bilardo.
Pelatih Prancis Didier Deschamp/Reuters
Pelatih Prancis Didier Deschamp/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Prancis berhasil mengalahkan Maroko pada laga semifinal Piala Dunia 2022 dengan skor 2-0. Pertandingan itu mengantarkan Pelatih Prancis Didier Deschamps menyamai rekor legenda sepak bola Jerman Franz Beckenbauer dan Argentina Carlos Bilardo.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Al Bayt, Kamis (15/12) pukul 02.00 WIB itu, dua gol Prancis dicetak oleh Theo Hernandez pada menit ke-5 dan Randal Kolo Muani pada menit ke-79.

Prancis pun melenggang ke final untuk menghadapi Argentina. Les Bleus lolos ke babak final secara beruntun setelah di Piala Dunia 2018  lolos ke final dengan mengalahkan Belgia.

“Ada emosi, ada kebanggaan. Sekali lagi, itu adalah langkah penting. Masih ada satu lagi pertandingan. Kami telah bersama para pemain selama sebulan, itu tidak pernah mudah, tetapi sejauh ini menyenangkan," kata Deschamps dikutip dari The Mirror pada Kamis.

Deschamps pun menjadi pelatih ke-4 di piala dunia yang mengantarkan timnya ke final dua kali secara beruntun. Sebelumnya, ada nama Franz Beckenbauer yang mengantarkan Jerman ke final Piala Dunia 1986 dan 1990.

Namun, pada final Piala Dunia 1986 Beckenbauer kalah dari Argentina dengan skor 3-2. Beckenbauer baru bisa membalasnya 4 tahun berselang. Jerman lagi-lagi melawan Argentina, tapi kali ini anak asuh Beckenbauer menang dengan skor 1-0.

Kemudian, Carlos Bilardo juga mengantarkan Argentina dua kali melaju ke babak final piala dunia, yakni final Piala Dunia 1986 dan 1990.

Pada dua kali final piala dunia, Bilardo masih menghadapi musuh yang sama, yakni Beckenbauer. Pada final pertama 1986, Bilardo menang, namun pada 1990 giliran Beckenbauer yang menang.

Selain itu, pelatih legenda Vittorio Pozzo berhasil mengantarkan Italia dua kali mencapai babak final piala dunia yakni Piala Dunia 1934 dan 1938. Dalam dua kali finalnya itu, Pozzo secara beruntun juga berhasil mengantarkan Italia juara.

Kini apabila Deschamps berhasil menjadi juara piala dunia untuk kedua kalinya bersama Prancis di Piala Dunia 2022, maka ia akan menyamai rekor Pozzo yang meraih dua kali juara piala dunia secara beruntun.

Meski begitu, Prancis tak akan mudah menang karena menghadapi Argentina. Pertandingan Argentina vs Prancis itu akan berlangsung di Lusail Stadium pada Minggu (18/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper