Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Kali Kalah di Penalti, Louis Van Gaal Tetap Jumawa: Tak Pernah Kalah Sebelumnya

Van Gaal masih jumawa setelah Belanda kalah lawan Argentina, sebut sudah banyak bawa kemenangan bagi De Orange.
Louis Van Gaal/Dailymail
Louis Van Gaal/Dailymail

Bisnis.com, JAKARTA — Belanda lagi-lagi gagal menang melawan Argentina di ajang piala dunia lewat adu penalti. Kejadian adu penalti pada perempat final Piala Dunia 2022 menjadi memori pahit kedua kalinya bagi Pelatih Belanda Louis Van Gaal disingkirkan Messi cs.

Pada pertandingan Argentina vs Belanda yang berlangsung di Lusail Stadium, Sabtu (10/12/2022) dini hari tadi, Argentina unggul 2 gol lebih dulu lewat Nahuel Molina di babak pertama dan Lionel Messi di babak kedua.

Namun, 2 gol dari Wout Weghorst menjelang berakhirnya laga membuat pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Skor 2-2 bertahan hingga 2 kali extra time. Pemenang pun mesti ditentukan lewat adu penalti. Kiper Argentina Emiliano Martínez menjadi pahlawan dengan menepis 2 tendangan pemain Belanda. Sementara, 4 tendangan Argentina gagal dihalau oleh kiper Belanda.

Belanda pun tersingkir dari ajang Piala Dunia 2022 dan mengulang memori pahit 8 tahun lalu. Pada Piala Dunia 2014, Belanda yang juga dilatih Van Gaal gagal menjungkalkan Argentina di babak adu penalti.

Pada pertandingan di babak semi final Piala Dunia 2014, skor 0-0 Belanda vs Argentina bertahan hingga 2 kali perpanjangan waktu. Penentu siapa yang lolos ke final ditentukan adu penalti.

Kiper Argentina kala itu Sergio Romero tampil apik dengan menggagalkan tendangan dari 2 pemain Belanda. Sementara, Argentina berhasil menceploskan 4 gol ke gawang Belanda. Tim berjuluk Oranje itu pun gagal ke final.

Van Gaal tidak menampik bahwa Argentina selalu memberi noda pada karirnya di Timnas Belanda. Namun, ia tetap jumawa bahwa sejak ia melatih kembali di tim Oranje, ia telah membawa perubahan baik.

“Saya telah melatih [Belanda] untuk 20 pertandingan dan kami tidak kalah satu pun. Saya tidak tahu berapa banyak pertandingan yang kami menangkan, tapi Anda bisa cari tahu dan lihat sendiri selisih golnya," kata Van Gaal dikutip dari The Athletic pada Sabtu (10/12).

Sementara itu, kapten Argentina Lionel Messi mengatakan bahwa kemenangan melawan Belanda memberikan rasa kepercayaan diri baru pada tim untuk selanjutnya mengejar gelar juara Piala Dunia 2022.

"Banyak kegembiraan, banyak kebahagiaan. Kami harus melakukan perpanjangan waktu atau penalti, kami harus menderita. Akan tetapi kami berhasil melewatinya dan itu adalah sesuatu yang mengesankan," ungkap pemenang 7 trofi Ballon d'Or itu.

Kemenangan melawan Belanda di babak adu penalti membuat Argentina berhasil melenggang ke babak semi final melawan Kroasia. Argentina juga menjadi satu-satunya harapan perwakilan Amerika Latin setelah Brasil tersingkir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper