Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Jepang vs Kroasia: Samurai Biru Unggul 1-0 pada Babak Pertama

Berikut hasil babak pertama Jepang melawan Kroasia yang berakhir dengan skor 1-0 untuk Jepang. Gol tunggal Daizen Maeda membawa Samurai Biru memimpin.
Hasil Piala Dunia 2022 Jepang vs Kroasia/FIFA
Hasil Piala Dunia 2022 Jepang vs Kroasia/FIFA

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut hasil babak pertama Jepang vs Kroasia yang berakhir dengan skor 1-0 untuk Jepang di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Gol tunggal Daizen Maeda membawa Samurai Biru memimpin.

Babak 16 Besar Piala Dunia 2022 mempertemukan sang runner-up empat tahun lalu yaitu Kroasia yang ditantang oleh Jepang di Stadion Al Janoub, Qatar, Senin (5/12/2022).

Babak pertama mulai dimainkan sejak wasit Ismail Elfath meniupkan peluit mulainya laga. Pada babak pertama ini, Kroasia mengambil tendangan kick off terlebih dahulu.

Laga baru berjalan dua menit, Jepang sudah mengancam gawang dari Kroasia. Berawal dari tendangan pojok yang ambil oleh Junya Ito, bola yang diumpan ke jantung pertahanan Kroasia berhasil disundul oleh Shogo Taniguchi. Namun sundulan tersebut masih menyamping di sisi gawang Livakovic.

Lima menit laga berjalan, Kroasia mulai terlihat superior dengan penguasan bola yang lebih baik daripada Jepang. Kroasia mendapatkan peluang emas pada menit ketujuh lewat Ivan Perisic.

Berawal dari umpan Livakovic ke sisi kanan pertahanan Jepang, Tomiyasu yang mendapatkan bola tidak dapat mengontrol dengan baik sehingga bola mengarah ke Perisic yang berada di sampingnya.

Berhadapan satu lawan satu dengan Shuichi Gonda, Perisic tidak dapat menjadikan peluang tersebut menjadi gol karena Gonda berhasil menghalau tendangan Perisic.

Jepang yang mendapatkan ancaman dari Kroasia tampak mulai keluar dari tekanan tersebut. Buktinya pada menit ke-12 kembali lewat Ito, Jepang melepaskan umpan ke kotak penalti Kroasia. Namun, umpan tersebut tidak dapat disambut oleh pemain depan Samurai Biru.

Jepang kembali mengancam gawang Kroasia dan kini lewat sisi sebelah kiri mereka kali ini lewat Yuto Nagatomo. Namun, umpan cantik yang dirinya berikan pada menir ke-17 tidak dapat dimaksimalkan oleh Daizen Maeda.

Memasuki 25 menit jalannya laga, Jepang mulai leluasa menyerang lini pertahanan Kroasia yang kreator utamanya adalah Junya Ito. Namun, tidak ada bola yang mengarah ke gawang dari Dominik Livakovic.

Tidak tinggal diam, Kroasia langsung mengambil inisiatif serangan kembali, kali ini lewat umpam silang dari sisi sebalah kanan dan kiri lini serang mereka.

Namun, dari beberapa umpan silang tersebut, belum ada yang mengancam gawang Jepang dengan serius.

Setengah jam laga berjalan, kini giliran Kroasia yang mengambil penguasan bola dari Jepang. Akan tetapi hal tersebut hanya berlangsung sebentar karena Jepang kembali mengurung Kroasia setengah lapangan.

Jepang benar-benar membuat pertahanan Kroasia frustrasi. Berawal dari serangan balik pada menit ke-40, Ito melepaskan umpan kepada Maeda yang berada di lini depan Jepang. Maeda yang kalah langkah mencoba memberikan bola kepada Wataru Endo.

Diberikan bola oleh Maeda, Endo langsung mencari posisi pemain Jepang yang kosong yaitu Daichi Kamada. Akan tetapi bola tersebut tidak bisa dimanfaatkan oleh Kamada menjadi gol.

Jepang akhirnya benar-benar membuat jala dari Livakovic bergetar pada menit ke-43. Berawal dari set piece kerja sama antara Kamada dan Ito, bola langsung diberikan Ito ke jantung pertahanan Kroasia.

Bola yang bergerak bebas berhasil diamankan pemain Kroasia, sayangnya bola tersebut malah jatuh ke kaki Maeda yang berada bebas di depan gawang Kroasia.

Tidak menyiakan kesempatan, Maeda yang berada di depan gawang langsung menyontek bola ke dalam gawang dan membuat sko sementara menjadi 1-0.

Skor tersebut bertahan hinggal wasit Ismail meniup peluit panjang babak pertama dan membuat skor sementara menjadi 1-0. Ini adalah kali pertama Jepang mencetak gol lebih dulu di Piala Dunia 2022.

Susunan Pemain Jepang vs Kroasia

Jepang (4-2-3-1): Shuichi Gonda; Takehiro Tomiyasu, Shogo Taniguchi, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo; Wataru Endo, Hidemasa Morita; Ritsu Doan, Daichi Kamada, Junya Ito; Daizen Maeda.

Pelatih: Hajime Moriyasu

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Borna Barisic, Josko Gvardiol, Dejan Lovren, Josip Jurinovic; Luka Modric, Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic; Andrej Kramaric, Bruno Petkovic, Ivan Perisic.

Pelatih: Zlatko Dalic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper