Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Klasemen Akhir Grup E & F Piala Dunia 2022: Jepang, Spanyol, Maroko, dan Kroasia Lolos Dramatis

Jepang, Spanyol, Maroko, dan Kroasia berhasil lolos ke babak 16 besar secara dramatis.
Fahmi Ahmad Burhan
Fahmi Ahmad Burhan - Bisnis.com 02 Desember 2022  |  06:45 WIB
Klasemen Akhir Grup E & F Piala Dunia 2022: Jepang, Spanyol, Maroko, dan Kroasia Lolos Dramatis
Suporter Timnas Jepang - FIFA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pertandingan penentu di Grup E dan F Piala Dunia 2022 berlangsung mendebarkan. Hasilnya Jepang, Spanyol, Maroko, dan Kroasia berhasil lolos ke babak 16 besar secara dramatis.

Pada pertandingan Grup E, Jepang vs Spanyol berakhir dengan skor 2-1. Setelah tertinggal 0-1 di babak pertama akibat gol Alvaro Morata, Jepang tampil sangat berbeda pada babak kedua.

Babak kedua baru berjalan empat menit, Jepang langsung sukses menyamakan kedudukan lewat gol Ritsu Doan. Jepang kemudian berbalik unggul pada menit ke-51 lewat gol Ao Tanaka.

Hasil positif inilah yang membuat Jepang lolos ke babak 16 besar sebagai tim penghancur raksasa. Sebelumnya, Jepang berhasil mengalahkan Jerman dengan skor yang sama yakni 2-1.

Di pertandingan lainnya, Jerman juga menang secara dramatis dengan skor 4-2. Jerman berhasil mencetak 4 gol masing-masing lewat 1 gol Serge Gnabry, 2 gol Kai Havertz, dan 1 gol Niclas Fullkrug.

Namun, kemenangan Jerman itu tidak berarti karena mereka tetap kalah selisih gol dari Spanyol. Jerman pun tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Ini merupakan catatan buruk bagi Jerman, karena mereka dua kali secara beruntun tersingkir dari babak penyisihan. Pada Piala Dunia 2018, Jerman juga tersingkir pada babak penyisihan setelah dikalahkan wakil Asia, Korea Selatan yang dilatih Shin Tae-yong.

Di laga Grup F, Kroasia vs Belgia hanya berakhir dengan skor 0-0. Laga yang berlangsung di Ahmad bin Ali Stadium, Qatar pukul 22.00 WIB, Kamis (1/12/2022) itu membuat Belgia tersisih dari ajang Piala Dunia 2022.

Sedangkan, pertandingan Kanada vs Maroko yang berlangsung Al Thumama Stadium, Kamis (1/12/2022) pukul 22.00 WIB berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Singa Atlas.

Gol Maroko dicetak oleh Hakim Ziyech dan Youssef En-Nesyri. Sementara, gol Kanada dicetak dari hasil bunuh diri Nayef Aguerd.

Klasemen akhir Grup E Piala Dunia 2022

Kemenangan Jepang melawan Spanyol mengantarkan Samurai Biru lolos ke fase 16 besar secara dramatis. Jepang mempunyai poin 6 sebagai pemimpin klasemen, hasil menang melawan raksasa Jerman dan Spanyol, serta kalah melawan Kosta Rika 1-0.

Posisi kedua diraih oleh Spanyol dengan poin 4. Poin Spanyol sama dengan Jerman, namun Spanyol unggul selisih gol, dimana Spanyol mencetak 9 gol dan kemasukan 3 gol menjadi selisih 6. Sedangkan, Jerman mencetak 6 gol dan kemasukan 5 gol menjadi selisih 1.

Banyaknya gol tercipta oleh Spanyol diraih kala Spanyol membobol gawang Kosta Rika dengan skor 7-0.

Dengan begitu, Jerman pun tersisih dari ajang Piala Dunia 2022 bersama Kosta Rika yang berada di juru kunci klasemen dengan raihan 3 poin.

Klasemen akhir Grup F Piala Dunia 2022

Kemenangan Maroko melawan Kanada membuat Maroko melenggang ke 16 besar Piala Dunia 2022 secara meyakinkan dan menjadi juara grup. Maroko tak pernah terkalahkan dengan raihan 7 poin hasil dua kali kemenangan melawan Belgia dan Kanada, serta sekali imbang melawan Kroasia.

Posisi kedua ditempati oleh Kroasia yang mengoleksi 5 poin hasil dua kali imbang melawan Maroko dan Belgia, serta sekali kemenangan melawan Kanada.

Ini membuat posisi Kroasia lebih unggul dari Belgia yang berada di posisi ketiga dengan poin 4 hasil sekali kemenangan melawan Kanada dan sekali imbang melawan Kroasia.

Kanada harus puas menjadi juru kunci klasemen Grup F dengan tanpa meraih 1 poin pun, hasil tiga kali kekalahan secara beruntun.

Jadwal Jepang, Spanyol, Maroko, dan Kroasia berikutnya:

Jepang sebagai juara Grup E akan menghadapi klasemen kedua Grup F yakni Kroasia.

- Jepang vs Kroasia, Senin (5/12/2022) di Al Janoub Stadium.

Maroko yang menjadi juara Grup F akan menghadapi klasemen kedua Grup E yakni Spanyol.

- Maroko vs Spanyol, Selasa (6/12/2022) di Stadium Kota Pendidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala dunia 2022 jepang spanyol
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top