Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Laga Hidup Mati 27 Tim di Piala Dunia 2022 Dimulai Malam Ini, Simak Ulasannya!

Sebanyak 27 tim nasional akan berebut tiket menuju babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada malam ini. Laga hidup mati untuk lolos dari fase gugur.
Hendri T. Asworo
Hendri T. Asworo - Bisnis.com 29 November 2022  |  21:51 WIB
Laga Hidup Mati 27 Tim di Piala Dunia 2022 Dimulai Malam Ini, Simak Ulasannya!
Pendukung Prancis merayakan akhir pertandingan sepak bola Grup D Piala Dunia 2022 Qatar antara Prancis dan Australia di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, selatan Doha. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pertandingan Piala Dunia 2022 pada babak penyisihan di putaran kedua masih menyisakan ketidakpastian. Terdapat 27 tim belum mendapatkan tiket menuju babak 16 besar dari total 32 tim yang bertarung pada fase gugur. Laga hidup dan mati ditentukan pada putaran ketiga mulai malam ini.

Hingga Selasa (29/11/2022) malam, baru lima tim yang mendapatkan kepastian tetap bertanding atau hengkang dari ajang Piala Dunia 2022. Ketiga tim yang pasti melaju ke babak 16 besar adalah Prancis, Brasil, dan Portugal. Adapun dua tim, Kanada dan tuan rumah, Qatar, harus angkat kaki dari lapangan hijau.

Prancis memastikan lolos pada fase gugur grup D dengan perolehan 6 poin. Les Blues, pada dua laga terakhir mampu menorehkan poin mutlak, dengan menggulung Australia (4-1) dan mengalahkan Denmark (2-1).

Adapun Brasil memastikan tiket ke 16 besar setelah menaklukan Swiss dengan skor 1-0 pada Senin (28/11/2022) malam. Tim Samba mengoleksi 6 poin di grup G setelah sebelumnya menggasak Kroasia dengan skor 2-0.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo dkk membawa Portugal lolos ke fase grup setelah menghajar Uruguay 2-0. Portugal sebelumnya mencatatkan kemenangan dengan mengalahkan Ghana dengan skor 3-2. Dengan dua hasil pertandingan ini, Portugal berada di puncak klasemen grup H dengan catatan 6 poin.

Tuan rumah, Qatar, memastikan diri sebagai penonton di kandang sendiri, setelah dalam dua pertandingan menjadi tumbal grup A. Qatar dipermalukan Ekuador (0-2) pada laga pembuka. Sekaligus catatan kelam tuan rumah Piala Dunia, mendulang kalah pada laga perdana. Pada laga kedua Qatar dijegal Senegal dengan skor 1-3.  

Qatar ditemani oleh timnas Kanada. The Reds terpaksa harus angkat kaki, karena gagal memetik poin dalam dua laga fase gugur.

Kanada sebelumnya dikalahkan Belgia dengan skor 1-0. Pada grup F ini, The Reds berada di dasar jurang dan bersiap mengemas koper angkat kaki dari Qatar.

Berikut ulasan tim dari grup A, B, C, D, E, F, G, H beserta hasil dan klasemen pertandingan di Piala Dunia 2022: 

1. Grup A

Pemuncak klasemen pada grup A adalah Belanda. Namun, posisi Belanda belum aman, karena memiliki poin sama dengan Ekuador sebanyak 4 poin. Namun, Senegal masih berpeluang lolos fase gugur dengan nilai 3 poin. 

Pada pertandingan putaran ketiga, Belanda dapat 'jumawa' karena pada laga ini bertemu dengan Qatar, negara yang lolos tanpa seleksi karena mendapatkan tiket sebagai tuan rumah.

Pertarungan Senegal dengan Ekuador pada 29 November 2022 pukul 22.00 WIB bakal seru karena mereka masih berpeluang besar untuk masuk pada babak 16 besar. 

2. Grup B

Pada grup ini, semua timnas masih berpeluang lolos pada babak 16 besar. Wales yang berada di peringkat terbawah dengan modal 1 poin masih berpeluang lolos bila menang melawan Inggris yang berada di puncak klasemen dengan poin 4. Dengan poin sama, pertemuan head to head bila dimenangkan oleh Wales bakal membawa tiket ke 16 besar.

Adapun pertempuran sengit bakal terjadi antara Iran dengan Amerika yang berada di peringkat dua dan tiga. Iran mengemas 3 poin, sedangkan Amerika mendapatkan 2 poin setelah tampil seri dalam dua pertandingan melawan Wales dan Inggris.

3. Grup C

Serupa dengan grup B, timnas yang berada di grup C masih terbuka untuk lolos pada fase grup. Meksiko yang berada di dasar jurang dengan perolehan 1 poin berpeluang lolos bila mampu mengalahkan Arab Saudi yang mengemas 3 poin.

Begitu juga dengan Argentina, yang memiliki 3 poin, dapat lolos bila mampu mengalahkan Polandia yang berada di puncak klasemen dengan perolehan 4 poin.

4. Grup D

Adapun di grup D menyisakan satu tiket ke 16 besar karena satu tiket telah dipegang oleh Prancis. Australia yang berada di peringkat kedua dengan perolehan 3 poin masih berpotensi pulang kampung bila dikalahkan Denmark yang hanya memiliki 1 poin.

Meski di dasar jurang dengan 1 poin, Tunisia dapat lolos ke babak selanjutnya apabila mampu mengalahkan Prancis. Namun, dengan catatan Australia kalah dengan Denmark dengan selisih gol lebih banyak.

5. Grup E

Pada grup E, raksasa sepakbola Jerman berpeluang lolos bila mampu mengalahkan Kosta Rika pada putaran terakhir fase grup meski hanya punya 1 poin. Pun sebaliknya Kosta Rika dapat lolos ke 16 besar bila mampu mengemas kemenangan dengan modal 3 poin saat ini.

Pun dengan Spanyol dan Jepang harus menang dalam pertandingan terakhir bila ingin lolos ke babak selanjutnya. Spanyol mengoleksi 4 poin, sedangkan Jepang 3 poin.

6. Grup F

Sementara itu, pada grup F peluang Maroko--yang mengoleksi 4 poin, untuk lolos ke babak selanjutnya lebih besar karena akan bertemu dengan Kanada, tim yang sudah kehilangan asa untuk menuju babak 16 besar. Namun, Maroko harus menang untuk menjaga peluang lolos. Hasil seri atau pun kalah masih membuka peluang Maroko lolos asalkan Kroasia menang atas Belgia.

Adapun, timnas superstar Belgia harus menang melawan Kroasia untuk lolos ke 16 besar. Selisih poin Kroasia dengan Belgia hanya satu poin, yakni 4 dan 3.

7. Grup G

Pada grup G menyisakan satu tiket untuk melaju ke babak 16 besar. Pasalnya satu tiket telah dikantongi Brasil Senin (28/11/2022) malam.

Satu tiket tersebut 'hanya' diperebutkan oleh Swiss dan Kamerun. Serbia yang berada di dasar jurang klasemen dengan 1 poin, nyaris tidak mendapatkan banyak peluang. Kecuali menang dengan gol banyak dalam pertandingan terakhir dengan Brasil.

Itu pun dengan catatan Swiss dan Kamerun berakhir imbang tipis. Namun, dua tim ini harus bermain ngotot untuk merebut tiket ke 16 besar.

8. Grup H

Sama dengan grup G, tiket ke 16 besar grup H hanya tersisa satu. Satu tiket telah dikantongi Portugal pada laba Selasa dini hari. Ghana berpeluang mendapatkan tiket ke babak selanjutnya bila mampu mengalahkan Uruguay. Pun sebaliknya bila menang terhadap Ghana, Suarez dkk dapat melaju ke babak selanjutnya.

Peluang Korsel cukup berat untuk lolos karena harus menang melawan Portugal. Namun, dengan catatan Ghana kalah dari Uruguay. Itu pun Korsel harus selisih gol lebih banyak daripada Uruguay.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala dunia 2022 babak 16 besar Klasemen Piala Dunia 2022
Editor : Hendri T. Asworo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top