Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kalahkan Jerman, Pelatih Jepang Ungkap Peran Para Pemain Bundesliga hingga Liga Inggris

Pelatih Timnas Jepang Hajime Moriyasu mengungkapkan kemenangan itu tidak lepas dari kontribusi para pemain yang berlaga di Bundesliga hingga Liga Inggris.
Fahmi Ahmad Burhan
Fahmi Ahmad Burhan - Bisnis.com 24 November 2022  |  14:32 WIB
Kalahkan Jerman, Pelatih Jepang Ungkap Peran Para Pemain Bundesliga hingga Liga Inggris
Timnas Jepang di Piala Dunia 2022 - FIFA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Timnas Jepang berhasil menumbangkan Jerman dengan skor 2-1 di ajang Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Khalifa Stadium, Rabu (23/11/2022) malam.

Pelatih Timnas Jepang Hajime Moriyasu mengungkapkan bahwa kemenangan itu tidak lepas dari kontribusi para pemain yang berlaga di Bundesliga hingga Premier League.

Menurutnya, sepak bola Jepang kini telah berkembang pesat. "Ini kejutan besar dan kami sekarang mencapai standar global," ujarnya dikutip dari The Guardian pada Kamis (24/11/2022).

Moriyasu juga mengungkapkan fakta bahwa perkembangan skuatnya saat ini telah dibantu oleh para pemain yang bermain di Liga Jerman dan Inggris, termasuk penentu kemenangan Jepang Takuma Asano, yang bermain di klub Bundesliga, Vfl Bochum.

Ia mengungkapkan bahwa dari kesemua pemain yang berlaga menghadapi Jerman, enam pemain diantaranya bermain di Bundesliga. Sementara, dua pemain lagi bermain di Premier League. "Mereka bertarung di liga-liga tangguh yang sangat kuat ini. Mereka telah membangun kekuatan mereka. Jadi dalam konteks itu, liga-liga tersebut telah berkontribusi pada perkembangan pemain kami," kata Moriyasu.

Keenam pemain Jepang yang semalam berlaga menghadapi Jerman adalah Ritsu Doan yang bermain di SC Freiburg, Takuma Asano bermain di Vfl Bochum, Daichi Kamada bermain di Eintracht Frankfurt, Wataru Endo bermain di Vfb Stuttgart, Maya Yoshida bermain di FC Schalke 04, dan Ko Itakura bermain di Borussia Mönchengladbach.

Sementara itu, dua pemain Jepang yang bermain di Premier League adalah Takehiro Tomiyasu yang berseragam Arsenal serta Kaoru Mitoma yang membela Brighton & Hove Albion.

Sebenarnya, selain bermain di Bundesliga dan Premier League, sejumlah pemain Timnas Jepang juga berlaga di liga-liga top Eropa. Misalnya, Takefusa Kubo bermain di klub LaLiga Real Sociedad dan Takumi Minamino berseragam klub Liga Prancis, AS Monaco.

Pemain lainnya seperti Junya Ito juga bermain di Liga Prancis bersama Stade de Reims dan Daizen Maeda bermain di liga Skotlandia bersama Celtic F.C.

Meski begitu, Timnas Jepang juga mengandalkan pemain dari klub lokal mereka. Hiroki Sakai misalnya bermain di Urawa Reds dan Yuto Nagatomo bermain di FC Tokyo.

Kiper andalan Timnas Jepang yang terpilih sebagai man of the match di laga melawan Jerman, yakni Shuichi Gonda juga berasal dari klub lokal Shimizu S-Pulse.

Sementara itu, kemenangan Jepang atas Jerman ini menjadi modal untuk melaju ke fase 16 besar. Jepang kini berada di klasemen kedua di bawah Spanyol yang menang 7-0 melawan Kosta Rika. Selanjutnya Jepang akan menghadapi Kosta Rika pada Minggu (27/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas jepang Hasil Piala Dunia 2022 piala dunia 2022 timnas jerman
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top