Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ternyata ini Kunci Kemenangan Jepang Atas Tim Panser

Kemenangan Jepang atas Jerman ini menjadi modal untuk melaju ke fase 16 besar. Jepang kini berada di klasemen kedua di bawah Spanyol.
Fahmi Ahmad Burhan
Fahmi Ahmad Burhan - Bisnis.com 24 November 2022  |  13:37 WIB
Ternyata ini Kunci Kemenangan Jepang Atas Tim Panser
Timnas Jepang di Piala Dunia 2022 - FIFA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Timnas Jerman kembali tumbang oleh tim dari Asia Timur di ajang piala dunia. Setelah kalah di Piala Dunia 2018 oleh Korea Selatan, kini di Piala Dunia 2022 Jerman takluk oleh Jepang.

Jerman berhasil dikalahkan oleh Jepang dengan skor 2-1 di Khalifa Stadium, Rabu (23/11/2022) malam. Ini merupakan kemanangan Jepang pertama atas Jerman.

Pelatih Timnas Jepang Hajime Moriyasu menggambarkan kemenangan comeback Jepang 2-1 melawan Jerman sebagai momen bersejarah.

“Saya percaya ini adalah momen bersejarah, kemenangan bersejarah. Jika saya memikirkan perkembangan sepak bola Jepang, kami telah membangunnya. Ini kejutan besar dan kami sekarang mencapai standar global," ungkapnya dikutip dari The Guardian pada Kamis (24/11).

Kemenangan itu juga sebenarnya tidak lepas dari strategi jitu Moriyasu. Mantan pemain Sanfrecce Hiroshima ini menerapkan formasi 4-4-1-1 di babak pertama.

Jepang mengandalkan agresivitas para pemainnya seperti Junya Ito dan Takefusa Kubo untuk menggedor pertahanan Jerman. Sementara, di lini depan, Moriyasu mengandalkan kreativitas dari Daichi Kamada yang moncer bersama klub Bundesliga Eintracht Frankfurt serta striker Glasgow Celtic, Daizen Maeda.

Hasilnya, pada menit-menit awal Jepang sempat mencetak gol hasil dari sontekan Daizen Maeda yang kemudian dianulir wasit karena offside.

Namun, agresivitas Jepang dibalas oleh Jerman yang juga kerap kali merepotkan pertahanan tim Samurai Biru itu. Di lini pertahanan, Jepang memasang dua full back senior yakni Hiroki Sakai yang pernah berseragam Marseille dan Yuto Nagatomo yang pernah membela Inter Milan.

Hasilnya, Jerman berhasil menguasai jalannya pertandingan. Lalu, melalui penalti Ilkay Gündogan pada menit ke-33, Jerman berhasil memimpin babak pertama dengan skor 1-0.

Ketertinggalan dari Jerman membuat Moriyasu memutar otak dan mengganti formasi pada babak kedua. Samurai Biru beralih dari formasi 4-4-1-1 menjadi 3-4-3.

Takefusa Kubo yang bermain di sisi kiri Jepang digantikan oleh bek tangguh asal Arsenal, Takehiro Tomiyasu pada menit ke 46. Masuknya Tomiyasu membuat Jepang mempunyai tiga bek yang mengawal lini pertahanan babak kedua, yakni Tomiyasu, Maya Yoshida, dan Ko Itakura.

Formasi ini membantu memberikan stabilitas tambahan di lini belakang serta opsi passing keluar dari pertahanan.

Kemudian, dalam membantu serangan, Moriyasu memasukan Kaoru Mitoma dan Takuma Asano menggantikan Nagatomo serta Daizen Maeda. Pada menit 71, Ritsu Doan pun masuk menggantikan Ao Tanaka. Lalu, Takumi Minamino masuk menggantikan Hiroki Sakai.

Hasilnya, serangan tajam dari sisi kiri membuka jalan bagi Ritsu Doan untuk mencetak gol melalui rebound. Serangan terus digencarkan oleh Jepang dan pada menit 83, penetrasi Takuma Asano berhasil membuahkan gol serta menjadi penentu kemenangan Jepang.

"Ini adalah tiga poin besar bagi kami dan itu bukan pertandingan yang mudah. Kami mengadopsi pertahanan man-to-man di babak kedua dan berhasil. Itu sebabnya kami bisa menang," kata Tomiyasu dikutip dari ESPN.

Kemenangan Jepang atas Jerman ini menjadi modal untuk melaju ke fase 16 besar. Jepang kini berada di klasemen kedua di bawah Spanyol yang menang 7-0 melawan Kosta Rika. Selanjutnya Jepang akan menghadapi Kosta Rika pada Minggu (27/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas jepang timnas jerman Hasil Piala Dunia 2022 piala dunia 2022
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top