Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak 7 Fakta Piala Dunia 2022 yang Perlu Diketahui

Perhelatan Piala Dunia selalu dinanti para penikmat olahraga sepak bola. Terdapat sejumlah fakta Piala Dunia 2022, berikut penjelasan selengkapnya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 23 November 2022  |  11:12 WIB
Simak 7 Fakta Piala Dunia 2022 yang Perlu Diketahui
Fakta Piala Dunia 2022 / Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Piala Dunia dimulai hari Minggu, 20 November 2022 dan dibuka dengan pertandingan tuan rumah, Qatar melawan Ekuador di Stadion Al-Bayt, Al Khor. Sebanyak 32 tim dari total 8 Grup akan bermain memperebutkan juara Piala Dunia 2022 yang terselenggara dari tanggal 20 November hingga 18 Desember 2022. Banyak fakta Piala Dunia 2022 yang dinilai berbeda dari perhelatan Piala Dunia sebelumnya. Simak selengkapnya berikut ini. 

Fakta Piala Dunia Qatar 

Saat konferensi FIFA tahun 2010 lalu, Qatar mengalahkan kandidat tuan rumah Piala Dunia lainnya, seperti Amerika Serikat dan beberapa negara di benua Eropa. Qatar menjadi negara pertama di Timur Tengah yang menjadi tuan rumah perhelatan akbar olahraga ini. Berikut sejumlah  fakta Piala Dunia 2022 yang perlu diketahui.

1. Lebih dari 3 Juta Tiket Terjual

Pada pertengahan Oktober tahun ini, tiket Piala Dunia sudah terjual sebanyak 2,89 juta. Tiket masih bisa dibeli hingga akhir kompetisi pada 18 Desember 2022. Jadi, diperkirakan akan ada lebih dari 3 juta tiket ludes dibeli oleh para pendukung tim yang ikut dalam Piala Dunia 2022.

Piala Dunia tahun ini diprediksi memiliki penonton terbanyak karena penyelenggaraannya berlangsung saat akhir tahun dimana akan banyak turis datang sekalian liburan akhir tahun.

2. Kedua Kalinya di Asia

Piala Dunia terselenggara di Asia pertama kali dengan tuan rumah Korea-Jepang pada tahun 2002. Tahun ini, Qatar menjadi negara kedua di benua Asia yang menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Piala Dunia. 

3. Durasi Pertandingan Piala Dunia Terpendek 

Fakta Piala Dunia 2022 berikutnya yaitu terletak pada durasi pertandingannya. Berbeda dengan edisi sebelumnya yang terselenggara selama 30 hari. Kini, Piala Dunia 2022 akan diselenggarakan selama 29 hari saja. Meskipun hanya berbeda satu hari, penyelenggaraan kompetisi tahun ini dinilai ketat bagi panitia karena dalam satu hari harus menyelenggarakan paling banyak empat pertandingan.

4. Pertama Kali Diadakan di Musim Dingin

Piala Dunia biasanya terselenggara di musim panas. Namun, mengingat Qatar adalah negara beriklim ekstrem yang ketika di musim panas suhunya akan panas sekali sekitar 46⁰-50,4℃ dan ketika musim dingin akan hangat dengan kisaran suhu 24⁰-30℃. Jadi, penyelenggaraan Piala Dunia tahun ini diadakan di musim dingin agar pemain dan pendukung dari seluruh tim merasa nyaman.

5. Stadion dengan Pendingin Udara

Fakta Piala Dunia Qatar yang kelima yakni terdapat pendingin udara di dalam stadion. Berkaitan dengan fakta sebelumnya, Qatar ingin mengantisipasi iklim panas sekaligus membuat pemain dan penonton merasa nyaman selama menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2022.

6. Tujuh dari 8 Stadion Baru Dibangun

Qatar hanya punya satu stadion yang sudah lama terbangun. Demi kelayakan Piala Dunia, Qatar merenovasi stadion tersebut dan menambah tujuh stadion baru yang dibangun dari nol. Ketujuh stadion baru itu pun hanyalah sekali pakai yang apabila telah selesai Piala Dunia 2022, kursi penontonnya akan dipindahkan. 

Kedelapan stadion yang digunakan antara lain Stadion Al-Bayt, Stadium Al-Janoub, Stadion Al-thumama, Stadium 974, Stadion Internasional Khalifa, Stadion Ahmed bin Ali, Stadium Education City, dan Stadion Lusail Iconic. Setelah usai turnamen, hanya Stadion Al-Bayt yang masih akan dipertahankan.

7. Qatar Minim Penginapan

Fakta Piala Dunia Qatar terakhir yaitu minimnya penginapan. Qatar adalah negara kecil dengan total populasi 2,6 juta jiwa. Jadi, tidak mengherankan kalau di sana memiliki penginapan yang sedikit. 

Bulan Maret lalu, tercatat total penginapan di Qatar sebanyak 30.000. Sementara turis yang diprediksi datang saat kompetisi Piala Dunia akan mencapai 1,5 juta jiwa. Maka dari itu, Qatar menyiapkan puluhan ribu kamar yang akan ditempatkan sebagai penginapan bagi para pemain dan turis yang datang berkunjung.

Itulah ketujuh fakta Piala Dunia 2022 yang terselenggara di Qatar pada 20 November hingga 18 Desember 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala dunia 2022 piala dunia qatar fifa
Editor : Hesti Puji Lestari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top