Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Eks Komite Etik FIFA: Ada yang Janggal dari Surat FIFA ke PSSI

Mantan anggota Komite Etik FIFA periode 2007-2011 Gelora Surya Dharma Tahir mengungkapkan kejanggalan dalam surat FIFA kepada PSSI.
Eks anggota Komite Etik FIFA dan Ketua Komite Hubungan Luar Negeri PSSI Dali Tahir berbincang dengan pewarta dari beberapa media tentang perkembangan sepak bola terkini di Jakarta, Jumat (4/11/2022)/ANTARA/Michael Siahaan.
Eks anggota Komite Etik FIFA dan Ketua Komite Hubungan Luar Negeri PSSI Dali Tahir berbincang dengan pewarta dari beberapa media tentang perkembangan sepak bola terkini di Jakarta, Jumat (4/11/2022)/ANTARA/Michael Siahaan.

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan anggota Komite Etik FIFA periode 2007-2011 Gelora Surya Dharma Tahir mengungkapkan kejanggalan dalam surat FIFA kepada PSSI.

FIFA membalas surat dari PSSI terkait pemberitahuan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada Kamis (11/11/2022).

Dalam surat tersebut, FIFA meminta PSSI untuk menggelar kongres pada 14 Januari 2023 untuk memilih Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

Sementara untuk Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI diagendakan pada 16 Februari 2023 untuk memilih susunan pengurus yang baru.

Anggota Komite Etik FIFA periode 2007-2011 Gelora Surya Dharma Tahir menilai surat balasan FIFA kepada PSSI soal jadwal KLB terdapat kejanggalan.

"PSSI berkirim surat ke Sekretaris Jenderal FIFA (Fatma Samoura-red), tetapi surat jawabannya malah datang dari Ketua Pengurus Asosiasi Anggota FIFA. Ini ibaratnya, kita bersurat ke gubernur, tetapi yang balas camat," ujar pria yang akrab disapa Dali Tahir itu, dilansir dari Antara.

Hal ganjil lain, Dali Tahir menilai PSSI bersurat ke Sekjen FIFA yang ada di Zurich, Swiss, tetapi FIFA membalas melalui Ketua Pengurus Asosiasi Anggota FIFA (Kenny Jean-Marie) di Paris, Prancis.

Menurut dia, hal-hal tersebut hampir tidak pernah terjadi di FIFA sebelumnya.

"Seharusnya PSSI mempertanyakan itu kepada FIFA kenapa bukan Sekjen FIFA yang menandatangani surat balasan tersebut," tutur anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2003-2007 dan 2007-2011 itu.

Pada 31 Oktober 2022, dalam surat bernomor 4452/ULN/537/X-2022 yang ditandatangani Sekjen PSSI Yunus Nusi dan ditujukan ke Sekjen FIFA Fatma Samoura, PSSI melaporkan bahwa KLB memilih Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan anggota Komite Eksekutif (Exco) akan digelar pada 18 Maret 2023.

Sebelum KLB, PSSI juga memberitahukan kepada FIFA bahwa akan ada kongres biasa untuk menetapkan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) pada 7 Januari 2023.

FIFA kemudian menanggapi surat tersebut dengan surat yang ditujukan ke Sekjen PSSI pada 11 November lalu.

Akan tetapi, surat itu bukan ditandatangani oleh Sekjen FIFA Fatma Samoura melainkan oleh Ketua Pengurus Asosiasi Anggota Kenny Jean-Marie dengan lokasi surat dibuat di Paris.

Dalam dokumen tersebut, FIFA mengusulkan kepada PSSI agar kongres biasa untuk penentuan KP dan KBP dilaksanakan 14 Januari 2023 dan KLB pada 16 Februari 2023.

PSSI lalu menerima usulan tersebut dan menetapkan kongres biasa serta KLB berlangsung pada tanggal-tanggal tersebut.

"Saya menyayangkan PSSI terburu-buru (menetapkan jadwal KLB sesuai anjuran FIFA-red). Idealnya dikonfirmasi kembali apakah benar surat itu sudah disepakati oleh Sekjen FIFA, kenapa balasan datang dari Paris bukan Zurich. Lalu, kalau bilang KLB dipercepat, mestinya FIFA mengatakan alasannya apa," kata Dali.

PSSI memutuskan untuk mempercepat pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) pemilihan ketua umum serta anggota Exco PSSI yang baru, yang normalnya akan digelar pada November 2023, setelah menggelar rapat darurat pada 28 Oktober 2022 di Kantor PSSI, Jakarta.

Desakan kepada PSSI untuk segera menggelar KLB awalnya datang dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) bentukan Pemerintah Indonesia menyusul terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan 135 orang dan melukai ratusan orang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper