Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2 Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023: Juara atau Runner-up Grup?

Berikut skenario kelolosan timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 melalui jalur kualifikasi yang tinggal menyisakan satu laga.
Timnas Indonesia vs Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023 / PSSI
Timnas Indonesia vs Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023 / PSSI

2 Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023: Kuwait Terhimpit

  • Skenario Pertama

Timnas Indonesia bisa memuncaki klasemen Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 jika mampu memenangi laga kontra Nepal dengan skor besar, sementara di pertandingan lain Kuwait menang tipis atas Yordania.

Skenario ini akan membuat poin Indonesia, Yordania, dan Kuwait sama-sama mengantongi enam poin. Sesuai regulasi Kualifikasi Piala Asia 2023, jika poin sama maka akan ditentukan melalui head to head.

Seandainya hal ini terjadi, head to head antara ketiga negara ini berarti saling mengalahkan. Indonesia menang atas Kuwait tapi kalah dari Yordania. Yordania menang atas Indonesia tapi kalah dari Kuwait. Kuwait menang atas Yordania tapi kalah dari Indonesia.

Setelah head to head sama, selisih gol antara tim yang punya poin identik akan dihitung dalam klasemen mini. Indonesia punya selisih gol 0 saat melawan Yordania dan Kuwait, kalah 0-1 dan menang 2-1.

Sementara itu Kuwait punya selisih gol -1 karena kalah dari Indonesia. Jika Kuwait menang 1-0 saja atas Yordania, artinya selisih gol mereka jadi 0, sama seperti Indonesia. Yordania yang punya bekal selisih gol +1 juga akan punya catatan sama dengan Indonesia jika skenario ini terjadi.

Setelah selisih gol sama, total gol yang dicetak dalam laga head to head juga akan dihitung. Indonesia mengemas dua gol ke gawang Kuwait, Yordania mengemas satu gol ke gawang Indonesia. Sejauh ini Kuwait baru mencetak satu gol yakni saat melawan Indonesia. Jika menang 1-0 atas Yordania maka Kuwait akan punya jumlah gol sama dengan tim Garuda.

Jika hal itu terjadi, maka Indonesia akan duduk di posisi pertama karena unggul head to head atas Kuwait.

Seluruh pertandingan melawan Nepal (juru kunci Grup A) tidak dihitung karena tak memiliki poin yang sama.

  • Skenario Kedua

Timnas Indonesia juga punya kans untuk lolos sebagai salah satu runner-up terbaik. Hanya lima dari enam runner-up Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan melaju ke putaran final.

Skenario ini tergantung pertandingan Yordania vs Kuwait. Jika Yordania menang maka mereka dipastikan jadi juara grup sementara Kuwait tersingkir.

Namun begitu, Indonesia juga wajib menang atas Nepal dengan skor berapa pun. Kemenangan 1-0 pun cukup untuk mengunci posisi runner-up, jika Kuwait kalah.

Hanya saja, timnas Indonesia harus menyaingi lima tim lain untuk meraih tiker runner-up terbaik.

Saat ini ada tiga tim runner-up yang sudah mengoleksi enam poin yakni Thailand (Grup C), Kirgiztan (Grup F), dan India (Grup D). Timnas Indonesia bisa menggeser Filipina (Grup B) dan Malaysia (Grup E) yang sejauh ini baru mengemas empat dan tiga poin.

*Catatan: Pertandingan Yordania vs Kuwait akan digelar lebih dulu pukul 23.15 WIB, sementara Indonesia vs Nepal pukul 02.15 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper