Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Shin Tae-yong Sarankan 2 Wonderkid Timnas Indonesia Main di Luar Negeri

Shin Tae-yong, pelatih timnas Indonesia, menyarankan dua pemain muda tim Garuda yakni Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh bermain di luar negeri.
Timnas U-23 Indonesia vs Thailand di semifinal Sea Games 2021 / PSSI
Timnas U-23 Indonesia vs Thailand di semifinal Sea Games 2021 / PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Shin Tae-yong, pelatih timnas U-23 Indonesia, menyarankan dua pemain muda tim Garuda yakni Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh bermain di luar negeri.

Shin Tae-yong membawa timnas U-23 Indonesia menduduki posisi ketiga Sea Games 2021 usai mengalahkan Malaysia pada Minggu (22/5/2022).

Pada perebutan medali perunggu, timnas U-23 Indonesia mengalahkan Malaysia lewat drama adu penalti dengan skor 4-3.

Adu penalti harus dilakukan karena timnas U-23 Indonesia bermain imbang 1-1 melawan Malaysia dalam 2x45 menit.

Pada pertandingan kontra Malaysia, dua pemain muda timnas U-23 Indonesia, Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh, dimainkan sebagai starter.

Meski Marselino dan Ronaldo baru berusia 17 tahun, namun Shin Tae-yong memercayai kedua pemain tersebut untuk membela timnas U-23 Indonesia di Sea Games 2021.

Shin Tae-yong menilai kedua pemain muda itu mampu tampil apik bersama timnas U-23 di SEA Games 2021.

Lebih lanjut, pelatih asal Korea Selatan itu berharap Marselino dan Ronaldo mengambil peluang berkarier di kompetisi luar negeri.

"Saat ini, pemain muda kami, Ronaldo dan Marselino, performanya sangat baik," kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers usai laga kontra Malaysia, Minggu (22/5/2022).

"Jika pemain-pemain tersebut berkarier ke Liga Vietnam, Liga Jepang, dan Liga Korea Selatan, sebenarnya tidak masalah," ujar Shin.

Pada SEA Games 2021, Marselino sukses menyumbang dua gol. Semuanya tercipta pada fase penyisihan Grup A, yakni saat melawan Filipina dan Myanmar.

Sementara itu, Ronaldo Kwateh mencetak gol ke gawang Malaysia pada laga perebutan medali perunggu. Gol Ronaldo pun juga tercipta dari assist ciamik Marselino.

Shin Tae-yong menyebut, dua pemain bertalenta ini harus berani memulai kariernya di luar negeri yang kualitas kompetisinya jauh lebih baik ketimbang Liga 1.

Alasannya, Marselino dan Ronaldo akan berkembang pesat andai mampu mengasah bakatnya di kompetisi yang berkualitas.

"Intinya, mereka harus bermain di liga luar negeri lebih baik. Yang penting bermain di liga yang kualitasnya lebih baik," tutur Shin.

"Kalau bisa bermain di liga luar negeri, pastinya bisa membantu mereka untuk berkembang dan jadi hal positif untuk sepak bola Indonesia," ia menambahkan.

Marselino saat ini masih berstatus pemain Persebaya Surabaya, sementara Ronaldo Kwateh bermain untuk Madura United.

Marselino dan Ronaldo kemungkinan akan menjadi tulang punggung timnas U-20 Indonesia yang dipersiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20 pada 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper