Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UEFA Tambah Sanksi untuk Rusia akibat Invasi ke Ukraina

Buntut invasi ke Ukraina, federasi sepak bola Rusia mendapat sanksi yang lebih berat dari asosiasi sepak bola Eropa (UEFA).
Logo UEFA / UEFA.com
Logo UEFA / UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA - Buntut invasi ke Ukraina, federasi sepak bola Rusia mendapat sanksi yang lebih berat dari asosiasi sepak bola Eropa (UEFA).

UEFA menambah cakupan sanksi untuk Rusia menyusul invasi ke Ukraina pada Februari 2022.

UEFA resmi mencoret Rusia dari Piala Eropa Wanita pada Juli mendatang dan dilarang berpartisipasi dalam Kualifikasi Piala Dunia Wanita 2023. Posisi timnas putri Rusia akan digantikan Portugal.

UEFA juga menolak pengajuan Rusia untuk menjadi tuan rumah Euro 2028 dan 2032 karena dianggap tidak memenuhi syarat.

Hal ini menjadi keuntungan bagi Inggris dan Irlandia yang juga mengajukan diri menjadi tuan rumah Euro 2028. Mereka kini hanya tinggal bersaing dengan Turki.

"Setiap penawar harus memastikan bahwa mereka tidak bertindak dengan cara yang dapat membawa UEFA atau putaran final UEFA, penawar lainnya, prosedur penawaran atau sepak bola Eropa, menjadi buruk," tulis pernyataan Badan Pengatur UEFA.

Di level klub, UEFA juga melarang tim Rusia untuk berkompetisi di Liga Champions, Liga Europa, atau Liga Konferensi Eropa musim depan.
Pemenang Liga Primer Skotlandia akan menggantikan juara Liga Rusia, Zenit St Petersburg, di babak penyisihan grup Liga Champions 2022-2023.

Dalam sebuah pernyataan komite eksekutif ihwal keputusan tersebut, dikutip dari Reuters, UEFA mengatakan bahwa badan sepak bola ingin memastikan kelancaran mereka di lingkungan yang aman dan terjamin untuk semua pihak yang berkepentingan.

Pernyataan itu juga mengatakan Rusia tidak akan berpartisipasi dalam ajang UEFA Nations League yang dimulai pada Juni mendatang. Timnas Rusia akan secara otomatis terdegradasi dari babak grup.

Sebelumnya, UEFA dan badan pengatur dunia FIFA menangguhkan klub dan tim nasional Rusia dari kompetisi sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Akibat sanksi tersebut, klub Jerman RB Leipzig melaju ke perempat final Liga Europa musim ini dengan mengalahkan klub Rusia Spartak Moscow setelah pertandingan babak 16 besar dibatalkan.

Maret lalu, Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) menolak permintaan dari asosiasi sepak bola Rusia (FUR) untuk membatalkan sanksi FIFA.

Gugatan itu bertujuan untuk membuka kesempatan Rusia tetap bersaing pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, FUR menarik bandingnya.

Beberapa asosiasi sepak bola internasional juga mengumumkan tidak akan bermain melawan Rusia setelah invasi ke Ukraina. Polandia, Swedia, dan Republik Ceko adalah tiga negara yang menolak Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper