Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Daftar Tujuh Pemain Muda Indonesia yang Bermain di Luar Negeri

Ini Daftar Tujuh Pemain Muda Indonesia yang Bermain di Luar Negeri
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 28 Februari 2022  |  17:02 WIB
Pratama Arhan pindah ke Tokyo Verdy - Twitter TokyoVerdySTAFF
Pratama Arhan pindah ke Tokyo Verdy - Twitter TokyoVerdySTAFF

Bisnis.com, JAKARTA – Kepindahan Pratama Arhan ke Tokyo Verdy, membuat bertambahnya pemain-pemain Indonesia yang merumput di luar negeri atau abroad.

Sejak era Rocky Putiray, sudah banyak nama nama beken seperti Bambang Pamungkas, Kurniawan Dwi Yulianto, hingga Andik Vermansyah yang memulai peruntungan merumput di luar negeri.

Namun, pada era sekarang dengan mulai berkembangnya dunia sepak bola tanah air membuat banyak dari pemain Indonesia yang mulai bermain di luar negeri, dan kebanyakan para pemain tersebut masih dalam usia emas atau talenta muda.

Bukan hanya itu saja, para pemain ini juga tidak berfokus kepada tim-tim yang bermain di wilayah Asean, tapi sudah melancong ke Asia lainnya dan Eropa. Berikut daftar pemain muda Indonesia yang bermain di luar negeri yang berhasil dikumpulkan oleh tim Bisnis.

1. Pratama Arhan (Tokyo Verdy)

Pratama Arhan menjadi sorotan setelah permainan apik dirinya bersama PSIS Semarang. Arhan kembali menjadi sorotan karena penampilan impresifnya di AFF Suzuki Cup 2021 hingga membuatnya dianugerahi pemain muda terbaik pada ajang tersebut.

Pada awal Februari lalu, Arhan resmi dilepas oleh PSIS Semarang ke klub Liga 2 Jepang, Tokyo Verdy. Dengan pindahnya Arhan ke Verdy akan di harapkan akan membawa dampak positif dan meningkatkan mental dirinya selama merumput disana.

2. Egy Mualana Vikri (FK Senica)

Nama Egy sudah menjadi buah bibir ketika dua golnya bersama timnas U-19 diajang AFF U-19. Pada saat itu, Egy belum memilki klub pasti dan masih duduk di bangku sekolah. Setelah pagelaran AFF, Egy langsung di rekrut oleh tim asal Polandia, Lechia Gdansk.

Namun, pada tahun 2021, Egy akhirnya memutuskan hengkang dari Lechia dan berpindah ke Senica di liga Slovakia.

3. Witan Sulaiman (FK Senica)

Sama Seperti Egy, Witan Sulaiman merupakan tandem dari Egy di Piala AFF U-19. Witan menjadi kreator dari Indonesia untuk dapat membuat gol ke gawang dari lawan. Awal merumputnya di luar negeri, Witan bermain di Radnik Surdulica, tim dari Serbia.

Pada tahun 2020, dirinya pindah ke Lechia Gdansk, namun hanya bertahan beberapa bulan saja. Saat ini, Witan bermain dengan Egy di Senica dan menjadi pilihan utama pelatih Senica bersama Egy.

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepak bola
Editor : Andhika Anggoro Wening

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top