Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Kamerun vs Mesir: Mesir Lolos ke Final Vs Senegal, Salah vs Mane

Hasil semifinal Piala Afrika 2021, Kamerun vs Mesir yang digelar di Stade Olembe Stadium, Jumat dini hari akhirnya dimenangkan oleh Mesir lewat drama adu penalti
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 04 Februari 2022  |  04:47 WIB
Striker Mesir, Mohamed Salah (kiri) dan kiper Kamerun, Andre Onana - Twitter
Striker Mesir, Mohamed Salah (kiri) dan kiper Kamerun, Andre Onana - Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil semifinal Piala Afrika 2021, Kamerun vs Mesir yang digelar di Stade Olembe Stadium, Jumat (4/2/2022) dini hari akhirnya dimenangkan oleh Mesir lewat drama adu penalti 1-3.

Kemenangan ini membawa Mesir bertemu Senegal di final Piala Afrika 2021 yang akan dilaksanakan Senin (7/2) dini hari di Stade d'Olembé,Yaoundé.

Kamerun yang bertindak sebagai tuan rumah langsung mengambil inisiatif serangan di awal laga dengan operan cepat satu-dua sentuhan. Tetapi usaha anak asuh Antonio Conceicao belum bisa membongkar pertahanan Mesir yang digalang Mohamed Abdelmonem dan Mahmoud El Wensh.

Peluang pertama di pertandingan ini hadir malah dimiliki Mesir lewat sepakan kaki kiri Mohamed Salah dari luar kotak penalti di menit delapan. Tapi tendangan pemain Liverpool itu masih melenceng tipis dari gawang Kamerun yang dijaga Andre Onana.

Kamerun terus menekan pertahanan Mesir. Setelah operan cepat tidak bisa membongkar pertahanan Mesir, striker Kamerun, Karl Toko Ekambi melakukan aksi solo run ke dalam kotak penalti Mesir tapi belum membuahkan hasil.

Bek Kamerun, Michael Ngadeu-Ngadjui, nyaris menjebol gawang Mesir di menit 18, tapi bola sundulannya usai menerima umpan pojok hanya menerpa mistar gawang Mesir yang dijaga kiper Mohamed Abougabal.

Mesir hingga menit hingga menit 25 babak pertama belum bisa melepaskan diri dari tekanan yang diberikan Kamerun.

Kamerun mulai sering melakukan crossing sejak menit 30 untuk memecah konsentrasi pertahanan Mesir. Skor Kamerun vs Mesir hingga babak pertama berakhir masih sama kuat 0-0.

Masuk babak kedua, Mesir mulai melakukan serangan yang dimulai dari sektor sayap. Pelatih Mesir, Carlos Queiroz, paham betul Kamerun terlalu memajukan pemain sayapnya sehingga ada celah yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan tusukan.

Queiroz juga memasukkan striker Trezeguet untuk menambah daya gedor Mesir yang loyo di babak pertama.

Kiper Kamerun, Onana melakukan penyelamatan gemilang di menit 59 dengan melakukan cegatan bola sempurna yang dibawa Mo Salah. Bisa dibilang, itu adalah peluang emas yang bisa berbuah gol karena Salah sudah berhadapan satu lawan satu dengan Onana.

Kamerun yang terus melakukan serangan di babak pertama berbalik tertekan di paruh kedua. Bisa dibilang, dua penyerang Kamerun, Vincent Aboubakar dan Ekambi tidak bisa berbuat banyak di laga ini.

Masuk menit 65, Kamerun mulai melakukan pressing ke pertahanan Mesir agar cepat mendapatkan bola dan tidak membiarkan lawan mengembangkan permainan lebih jauh.

Taktik ini perlahan mulai berhasil. Kiper Mesir, Abougabal, melakukan penyelamatan gemilang di menit 68 dengan menahan sundulan Ekambi usai menerima umpan tendangan bebas Nicolas Ngamaleu.

Semenit kemudian giliran gelandang Kamerun, Samuel Gouet yang nyaris menjebol gawang Mesir lewat tendangan super kencang dari luar kotak penalti.

Tendangan pemain sayap Kamerun di menit 82, Collins Fai, masih tepat di pelukan kiper Abougabal. Skor Kamerun vs Mesir hingga menit 85 masih sama kuat 0-0.

Pada menit 90, wasit Bakary Papa Gassama dari Gambia memberikan kartu merah ke Queiroz karena dianggap terlalu berlebihan melakukan protes ke wasit. Hingga 90 menit pertandingan berakhir skor masih 0-0 dan laga Kamerun vs Mesir masuk ke babak tambahan 2X15 menit.

Setelah melewati babak tambahan 2X15 menit, skor Kamerun vs Mesir tetap berakhir 0-0 dan pertandingan dilanjutkan ke babak penalti.

Mohamed Abougabal layak dinobatkan jadi pahlawan timnas Mesir usai melakukan blok brilian ke dua penendang penalti, Harold Moukoudi dan James Lea Siliki sekaligus membawa negaranya ke final bertemu Senegal di final Piala Afrika.

Pertandingan Mesir vs Senegal di Final Piala Afrika juga akan mempertemukan duo Liverpool yaitu Mohamed Salah (Mesir) dan Sadio Mane (Senegal). Menarik untuk ditunggu, siapa yang berhasil memenangkan Piala Afrika 2021.

Susunan pemain Kamerun vs Mesir di semifinal Piala Afrika 2021:

Hasil Head to head Kamerun vs Mesir:

DateMatchResultScoreCompetition
23 Feb 1983Cameroon v EgyptW2-0International Friendly
26 Feb 1983Cameroon v EgyptD1-1International Friendly
29 May 1983Egypt v CameroonL4-0International Friendly
04 Mar 1984Cameroon v EgyptL0-1Africa Cup of Nations
03 Jul 1984Egypt v CameroonL2-1International Friendly
03 Feb 1985Cameroon v EgyptW1-0International Friendly
06 Feb 1985Cameroon v EgyptD0-0International Friendly
29 Mar 1985Egypt v CameroonL2-1International Friendly
31 Mar 1985Egypt v CameroonL2-1International Friendly
21 Mar 1986Egypt v CameroonL0-0Africa Cup of Nations
09 Aug 1987Cameroon v EgyptL1-1African Games
14 Mar 1988Cameroon v EgyptW1-0Africa Cup of Nations
01 Dec 1991Egypt v CameroonD1-1International Friendly
20 Jul 1992Cameroon v EgyptL0-1International Friendly
23 Jul 1992Cameroon v EgyptL0-1International Friendly
16 Mar 1994Egypt v CameroonD0-0International Friendly
18 Jan 1996Cameroon v EgyptW2-1Africa Cup of Nations
22 Dec 1997Egypt v CameroonL2-0International Friendly
04 Feb 2002Cameroon v EgyptW1-0Africa Cup of Nations
03 Feb 2004Cameroon v EgyptD0-0Africa Cup of Nations
05 Sep 2004Egypt v CameroonL3-2FIFA World Cup
07 Oct 2005Cameroon v EgyptD1-1FIFA World Cup
22 Jan 2008Egypt v CameroonL4-2Africa Cup of Nations
10 Feb 2008Cameroon v EgyptL0-1Africa Cup of Nations
25 Jan 2010Egypt v CameroonL3-1Africa Cup of Nations
20 May 2012Egypt v CameroonL2-1International Friendly
05 Feb 2017Egypt v CameroonW1-2Africa Cup of Nations

Senegal ke Final Piala Afrika 2021 Usai Tekuk Burkina Faso

Senegal berhasil lolos ke final Piala Afrika 2021 usah mengalahkan Burkina Faso dengan skor 3-1 di babak semifinal yang digelar di Yaounde, Kamis (3/2).

Ini adalah final kedua kali berturut-turut bagi Senegal di Piala Afrika setelah di edisi sebelumnya ditekuk Aljazair.

Kemenangan Senegal diraih melalui kaki tiga pemainnya yakni Abdou Diallo, Idrissa Gana Gueye dan Sadio Mane. Sedangkan gol Burkina Faso dicetak Ibrahim Blati Toure di menit 82.

Setelah lolos ke final, striker Senegal, Sadio Mane mengaku siap menghadapi siapa pun di partai final Piala Afrika 2021.

"Ini membuktikan momentum yang kami miliki. Kami tahu pasti tidak akan mudah mencapai dua final AFCON berturut-turut, tetapi yang terpenting bagi kami saat ini adalah berusaha keras dan menjuarainya, siapa pun yang kami hadapi," kata Mane setelah mencetak satu gol dan merancang satu assist dalam laga semifinal itu.

Abdou Diallo membawa Senegal memimpin 20 menit menjelang pertandingan di Stadion Ahmadou Ahidjo di ibu kota Kamerun itu usai, sebelum Mane memberi assist untuk gol kedua yang dicetak Idrissa Gana Gueye.

Dia sendiri kemudian mencetak gol ketiga setelah Blati Toure membalaskan satu gol untuk Burkina Faso.

"Kami menghadapi tim Burkina yang sangat bagus yang sangat merepotkan kami," tambah bintang Liverpool itu, Kamis (3/2/2022).

"Kami sudah memperkirakan pertandingan yang sulit dan itu kejadian, tetapi kami tetap tenang dan menciptakan banyak peluang. Saya kira kami pantas menang malam ini."

Mane yang kini telah mencetak tiga gol dalam turnamen tersebut, tidak bisa menahan senyum dari wajahnya saat dia menantikan kesempatan meraih trofi kontinental tersebut.

"Saya kira Anda bisa melihat wajah saya betapa bahagianya saya yang memang normal sekali. Saya sangat bangga secara pribadi dan sangat bahagia untuk saya sendiri, rekan-rekan satu tim saya dan negara."

Jadwal Final Piala Afrika 2021:

Senegal vs Mesir, Senin (7/2/2021), pukul 02.00 WIB di Stade d'Olembé,Yaoundé

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala afrika Timnas Kamerun Timnas Mesir
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top