Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Singapura vs Indonesia: Ini Profil Pelatih Singapura Asal Jepang

Timnas Singapura akan menjadi lawan Indonesia di babak semifinal Piala AFF 2020, Rabu besok di National Stadium. Timnas Singapura tengah menggeliat dalam arahan pelatih Jepang, Tatsuma Yoshida.
Hasil pertandingan Thailand vs Singapura/Youtube
Hasil pertandingan Thailand vs Singapura/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Singapura akan menjadi lawan Indonesia di babak semifinal Piala AFF 2020, Rabu (22/12/2021) besok di National Stadium. Timnas Singapura tengah menggeliat dalam arahan pelatih Jepang, Tatsuma Yoshida.

Singapura merupakan salah satu tim tersukses di Piala AFF, bersama Thailand. Negara itu pernah menjadi juara empat kali. Bandingkan dengan Timnas Indonesia yang belum pernah juara sekalipun dan hanya pernah menjadi runner-up lima kali.

Namun, bisa dikatakan mereka mengalami penurunan drastis di turnamen antarnegara Asia Tenggara ini. Dalam tiga penyelenggaraan terakhir mereka tak pernah bisa lolos dari babak penyisihan grup.

Kini, bersama Tatsuma Yoshida mereka berhasil kembali lolos ke semifinal, seperti pada lima kesempatan sebelumnya. Pada 1998, 2004, 2007, dan 2021 mereka menjadi juara.

Tatsuma Yoshida menyampaikan kegembiraannya setelah timnya lolos sebagai runner-up, karena kalah 0-2 dari Thailand dalam laga terakhir Grup A.

“Kami berada di jalan yang benar. Kami bukan tim nasional yang berada di level atas, tapi kami mampu lolos ke semifinal untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun," kata dia, seperti dikutip laman turnamen Piala AFF 2020.

Ia kemudian merespons pertanyaan wartawan soal kesalahan timnya saat melawan Thailand.

“Jika ada yang harus disalahkan, maka itu adalah saya. Saya bukanlah Pep Guardiola, saya Tatsuma Yoshida dari Jepang tapi saya bangga dengan Singapura, saya cinta Singapura dan sekarang saya ingin menangis."

Tatsuma Yoshida saat ini berusia 47 tahun. Saat masih bermain ia berposisi sebagai gelandang dan pernah membela Kashiwa Reysol, Kyoto Purple Sanga, dan Jurong. Ia tak pernah mengecap rasanya bermain di tim nasional Jepang.

Sebagai pelatih ia pernah menangani klub Kashiwa Reysol, Albirex Nigata, dan Venfiret Kofu. Bersama Reysol ia sempat membawa timnya lolos ke perempat final Liga Champions, juga jadi runner-up Emperor Cup. Bersama Kofu ia harus melihat timnya terdegradasi ke J2 League.

Tatsuma Yoshida ditunjuk menjadi pelatih Timnas Singapura sejak 30 Mei 2019. Statistiknya bersama The Lions adalah 17 kali bermain, 6 kali menang, 3 kali seri, 8 kali kalah.

Prosentase kemenangannya adalah 35,29 persen. Angka itu masih kalah dari torehan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, yang mencapai 50 persen (7 kali menang dari 14 laga).

Laga semifinal Piala AFF 2020, Singapura vs Indonesia, akan berlangsung dua kali, di National Stadium, Singapura. Leg pertama akan digelar 22 Desember dan yang kedua pada 25 Desember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper