Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perusahaan Statistik ini Tidak Memasukkan Pemain Italia di Line up Terbaik

Turnamen Euro 2020 telah usai dengan melahirkan Timnas Italia sebagai juara. Meskipun demikian, perusahaan statistik olahraga Olocip tak memasukkan satu pun anggota skuad Azzurri dalam susunan pemain terbaik yang mereka rilis.
Pemain Timnas Italia, Federico Chiesa usai mencetak gol ke gawang Austria di babak 16 besar Euro 2020/Twitter EUFA
Pemain Timnas Italia, Federico Chiesa usai mencetak gol ke gawang Austria di babak 16 besar Euro 2020/Twitter EUFA

Bisnis.com, JAKARTA - Turnamen Euro 2020 telah usai dengan melahirkan Timnas Italia sebagai juara. Meskipun demikian, perusahaan statistik olahraga Olocip tak memasukkan satu pun anggota skuad Azzurri dalam susunan pemain terbaik yang mereka rilis.

Olocip merupakan perusahaan asal Spanyol yang mencoba menyuguhkan data statistik para pemain dengan menggunakan kecerdasan buatan. Perusahaan itu dibangun oleh mantan pesepakbola Spanyol, Esteban Granero, bersama dua profesor asal Universitas Madrid, Pedro Larranaga dan Choncha Bielza.

Mereka menggunakan model penilaian untuk memilih pemain yang paling berdampak pada permainan tim di Euro 2020. Nilai ini dihasilkan dengan memperhitungkan setiap aksi permainan dalam hal perubahan probabilitas apakah tim yang menguasai bola mencetak gol pada permainan itu atau kebobolan gol dan momen permainan di mana mereka terjadi.

Hasilnya, menurut mereka, Denmark terpilih sebagai tim dengan nilai tertinggi di Piala Eropa 2020. Skuad Dinamit mendapatkan skor 23,69 diikuti oleh Timnas Italia yang mendapatkan nilai 22,20.

Meskipun Timnas Italia berada di posisi kedua sebagai sebuah kesatuan, tak ada satu anak asuh Roberto Mancini yang masuk dalam susunan pemain terbaik Euro 2020 versi Olocip.

Olocip lebih memilih pemain Timnas Inggris Jordan Pickford sebagai penjaga gawang tim terbaik mereka ketimbang Gianluigi Donnarumma. Di lini belakang, mereka memilih Harry Maguire (Inggris), Aymeric Laporte (Spanyol) dan Mikola Matvyenko (Ukraina).

Kuartet Joakim Maehle (Denmark), Pedri (Spanyol), Giorginio Wijnaldum (Belanda) dan Xherdan Shaqiri (Swiss) terpilih untuk mengisi lini tengah. Di lini depan, Patrik Schick yang menjadi top skor bersama Cristiano Ronaldo menjadi pilihan. Dia ditemani pemain sayap Swedia, Emile Forsberg dan Raheem Sterling dari Inggris.

Berikut susunan pemain terbaik Euro 2020 versi Olocip (3-4-3): Pickford; Maguire, Laporte, Matviyenko; Maehle, Pedri, Wijnaldum, Shaqiri; Forsberg, Sterling, Schick.

Para pemain Timnas Italia baru masuk ke dalam susunan pemain lapis kedua. Leonardo Bonucci, Jorginho dan Federico Chiesa masuk ke dalam susunan pemain itu. Berikut susunannya:

Kasper Schmeichel (Denmark); Jordi Alba (Spanyol), Leonardo Bonucci (Italia) and Manuel Akanji (Swiss); Thomas Delaney (Denmark), Jorginho (Italia), Ferran Torres (Spanyol), Federico Chiesa (Italia); Haris Seferovic (Swiss), Robert Lewandowski (Polandia), Romelu Lukaku (Belgia).

Pemain terbaik Euro 2020 pun jatuh ke Patrik Schick yang mendapatkan nilai 4,34 sementara Pedri dianggap sebagai pemain muda terbaik dengan nilai 2,45.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper