Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Meski Kesulitan Hadapi Spanyol, Mancini: Italia Layak ke Final Euro 2020

Spanyol tampil dominan dalam pertandingan ini dengan penguasaan bola hingga 65 persen, berbanding 35 persen milik Italia.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 07 Juli 2021  |  07:59 WIB
Meski Kesulitan Hadapi Spanyol, Mancini: Italia Layak ke Final Euro 2020
Roberto Mancini - UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Italia Roberto Mancini mengakui Spanyol membuat anak asuhnya kesulitan dalam laga semifinal Euro 2020, meski pada akhirnya menang melalui adu penalti. Italia menang atas Spanyol dalam adu penalti yang berakhir dengan skor 2-4.

Spanyol tampil dominan dalam pertandingan ini dengan penguasaan bola hingga 65 persen, berbanding 35 persen milik Italia. Spanyol juga unggul dari sisi percobaan mencetak gol dengan 16 upaya dengan empat di antaranya tepat mengarah ke gawang.

Italia bermain lebih efektif. Dengan tujuh upaya mencetak gol, Gli Azzuri mampu melepaskan empat percobaan yang tepat mengarah ke gawang.

"Kami tahu [pertandingan] itu akan sangat sulit, Spanyol menyebabkan banyak masalah bagi kami. Kami mengalami kesulitan karena kami tidak banyak menguasai bola," ujarnya usai pertandingan itu, seperti dilansir uefa.com.

Mancini mengaku terkejut saat Tim Matador justru bermain tanpa penyerang. Namun, dia menilai timnya mampu memberi respons yang baik dalam laga ini dan pantas melaju ke final.

"Kami pantas berada di sini. Kami tahu itu akan sulit. Itu tidak mudah, dan Spanyol mengejutkan kami di awal dengan memutuskan untuk bermain tanpa striker. Tim ini, bagaimanapun, luar biasa. Semua orang ingin menang, tetapi tim ini ingin melakukan sesuatu yang spesial dan mereka melakukannya."

Dia mengakui Italia lebih beruntung karena mampu keluar sebagai pemenang dalam drama adu penalti dan mencapai final. Hal itu, jelasnya, menjawab keraguan banyak orang atas pencapaian Italia di turnamen empat tahunan ini.  

"Kami ingin mencapai final, meskipun sebelum turnamen dimulai, tidak banyak orang yang percaya bahwa kami akan melakukannya. Saya mengucapkan selamat kepada Spanyol, mereka adalah tim yang hebat. Penalti adalah lotere," kata Mancini.

Dengan hasil ini, Italia akan menghadapi pemenang laga semifinal kedua yang akan mempertemukan Inggris vs Denmark di Wembley Stadium, Kamis (8/7/2021) 02.00 WIB.

Adapun dalam pertandingan di Stadion Wembley di London, Inggris, permainan selama 120 menit berakhir imbang 1–1 sehingga pemenang ditentukan. Kedua gol dicetak pemain klub Serie A Italia Juventus.

Italia terlebih dahulu membuka keunggulan lewat Federico Chiesa ketika pertandingan berjalan tepat 1 jam. Berselang 20 menit, pemain Spanyol yang juga berseragam Juventus, Alvaro Morata, memberikan gol balasan sehingga skor 1–1. 

Skor 1–1 bertahan hingga wasit Felix Brych dari Jerman mengakhiri laga 2 x 45 menit. Babak tambahan 2 x 15 menit digelar, tapi skor tak berubah, sehingga pemenang ditentukan lewat adu penalti.

Eksekutor pertama Italia dan Spanyol yakni Manuel Locatelli dan Dani Olmo sama-sama gagal. Alvaro Morata yang menjadi eksekutor keempat juga gagal setelah tembakannya ditepis Donnaruma.

Akhirnya, Jorginho membawa Italia ke final dengan eksekusi 'dinginnya' ke gawang Spanyol yang dikawal Unai Simon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas spanyol timnas italia Euro 2020

Sumber : UEFA

Editor : Oktaviano DB Hana

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top