Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Italia Atasi Spanyol, Donnaruma Ungkap Kunci Sukses dalam Adu Penalti

Kiper Italia Gianluigi Donnarumma menjadi salah satu pahlawan dalam pertandingan ini. Dia mampu menahan tendangan penalti Alvaro Morata yang menjadi algojo keempat Spanyol.
Kiper Italia Gianluigi Donnaruma menahan eksekusi penalti penyerang Spanyol Alvaro Morata di semifinal Euro 2020/Twitter-@EURO2020
Kiper Italia Gianluigi Donnaruma menahan eksekusi penalti penyerang Spanyol Alvaro Morata di semifinal Euro 2020/Twitter-@EURO2020

Bisnis.com, JAKARTA - Italia memastikan diri melaju ke final Euro 2020 setelah mengatasi perlawanan Spanyol lewat drama adu penalti yang berakhir dengan skor 4-2.

Kiper Italia Gianluigi Donnarumma menjadi salah satu pahlawan dalam pertandingan ini. Dia mampu menahan tendangan penalti Alvaro Morata yang menjadi algojo keempat Spanyol, sebelum Jorginho memastikan kemenangan Italia.

Usai pertandingan, Donnarumma mengungkapkan kesannya soal adu penalti tersebut. Dia mengatakan dalam kondisi tenang saat menghadapi adu penalti tersebut.

"Saya tenang sebelum adu penalti karena saya tahu saya bisa membantu tim. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang, karena sekarang kami hanya selangkah lagi untuk mewujudkan impian kami. Spanyol sangat kuat, tetapi Italia ini memiliki banyak keberanian, kami tidak pernah menyerah," kata Donnaruma seperti dilansir uefa.com.

Kiper AC Milan ini pun mengakui bahwa Spanyol adalah tim yang kuat. Dalam laga tersebut, Tim Matador dinilai banyak merepotkan barisan pertahanan Italia.

Kendati begitu, dia menegaskan bahwa Gli Azzuri pantas melaju ke final untuk menghadapi pemenang laga semifinal kedua yang akan mempertemukan Inggris vs Denmark.

"Spanyol membuat kami banyak kesulitan hari ini dengan penguasaan bola mereka, tetapi saya pikir kami pantas bermain di final. Saya tidak ingin membicarakan final sekarang, saya ingin menikmati momen ini. Kami akan memikirkannya ketika kita harus."

Dalam pertandingan di Stadion Wembley di London, Inggris, permainan selama 120 menit imbang 1–1 sehingga pemenang ditentukan. Kedua gol dicetak pemain klub Serie A Italia Juventus.

Italia terlebih dahulu membuka keunggulan lewat Federico Chiesa ketika pertandingan berjalan tepat 1 jam. Berselang 20 menit, pemain Spanyol yang juga berseragam Juventus, Alvaro Morata, memberikan gol balasan sehingga skor 1–1. 

Skor 1–1 bertahan hingga wasit Felix Brych dari Jerman mengakhiri laga 2 x 45 menit. Babak tambahan 2 x 15 menit digelar, tapi skor tak berubah, sehingga pemenang ditentukan lewat adu penalti.

Eksekutor pertama Italia dan Spanyol yakni Manuel Locatelli dan Dani Olmo sama-sama gagal. Alvaro Morata yang menjadi eksekutor keempat juga gagal setelah tembakannya ditepis Donnaruma.

Akhirnya, Jorginho membawa Italia ke final dengan eksekusi 'dinginnya' ke gawang Spanyol yang dikawal Unai Simon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Sumber : UEFA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper