Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Robert Lewandowski Buat Sejarah Cetak Gol di 3 Putaran Final Euro

Robert Lewandowski mencatatkan sejarah sebagai pemain Polandia pertama yang berhasil mencetak gol di tiga putaran final Piala Eropa (Euro).
Kapten Timnas Polandia Robert Lewandowski/Reuters/Kacper Pempel
Kapten Timnas Polandia Robert Lewandowski/Reuters/Kacper Pempel

Bisnis.com, JAKARTA – Polandia menahan imbang tim favorit juara Spanyol dalam pertandingan Grup E Piala Eropa (Euro) 2020 di La Cartuja, Sevilla, Spanyol.

Pertandingan berakhir dengan skor 1–1 setelah gol tuan rumah lewat Alvaro Morata pada babak pertama berhasil disamakan oleh Robert Lewandowski pada babak kedua.

Dengan hasil imbang tersebut, kedua tim masih memelihara peluang untuk melaju ke babak 16 besar setidaknya sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik di antara enam grup.

Bagi Lewandowski yang merupakan pemain terbaik dunia tahun lalu, gol itu menjadikannya sebavgai pemain Polandia pertama yang mencetak gol di putaran final Piala Eropa.

Uniknya, pemain depan berusia 32 tahun tersebut hanya mencetak sebiji gol di setiap perhelatan putaran final Euro 2012, 2016, dan 2020 yang tertunda setahun akibat pandemi Covid-19.

Pada Euro 2012 ketika negaranya bertindak sebagai tuan rumah bersama negara Eropa Timur lainnya, Ukraina, Lewandowski mencetak golnya ke gawang Yunani saat kedua tim imbang 1–1 di Stadion Nasional Narodowy di Warsawa.

Ironisnya, meski menjadi tuan rumah, Polandia finis di dasar klasemen Grup A dengan nilai hanya hasil dua imbang dan satu kali menelan kekalahan.

Berselang 4 tahun kemudian, Lewandowski, top skor Bundesliga Jerman bersama Bayern Munchen, kembali mencetak satu gol ketika Euro 2016 digelar di Prancis. Ketika itu dia mencetak golnya ke gawang Portugal, yang kemudian menjadi juara, di perempat final.

Polandia bisa mengimbangi Portugal 1-1 dalam permainan selama 120 menit, tetapi kemudian kalah adu penalti 3–5 dengan Lewandowski ikut mencetak gol di eksekusi pembuka. Namun, gol dalam adu penalti tidak dicatatkan sebagai gol resmi sehingga dia hanya mencetak gol termasuk gol ke gawang Spanyol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : UEFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper