Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Matchday II Euro 2020, Hasil Pertandingan Lengkap dan Klasemen Grup C

Belanda akhirnya memastikan diri lolos ke 16 besar, mengikuti Italia dan Belgia, setelah menang 2-0 atas Austria. Bagaimana dengan Ukraina, Austria dan Makedonia Utara?
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 18 Juni 2021  |  10:19 WIB
Matchday II Euro 2020, Hasil Pertandingan Lengkap dan Klasemen Grup C
Pemain timnas Belanda merayakan gol ke gawang Austria dalam matchday kedua Grup C Euro 2020 - Twitter/@EURO2020
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Empat tim di Grup C Euro 2020 telah merampungkan pertandingan dalam matchday kedua. Belanda akhirnya memastikan diri lolos ke 16 besar, mengikuti Italia dan Belgia, setelah menang 2-0 atas Austria.

Di sisi lain, Ukraina akhirnya mampu mendapatkan kemenangan pertama di putaran Euro 2020 setelah mengatasi perlawanan Makedonia Utara dengan skor 2-1.

Dalam laga yang dihelat di Stadion Stadion National Arena Bucharest, Rumania, Kamis (17/6/2021) malam, Ukraina unggul terlebih dahulu atas Makedoniadi menit ke-27 berkat gol dari Andriy Yarmolenko. Dia memanfaatkan umpan kunci atau assist Alexander Karavaev setelah terjadi kemelut di depan gawang.

Ukraina kemudian memperbesar keunggulan lima menit kemudian. Roman Yaremchuk mencetak gol usai mendapat assist dari Andriy Yarmolenko.

Pada babak kedua, Makedonia Utara yang tidak ingin menelan dua kali kekalahan dan tersingkir di turnamen ini langsung menggebrak pertahanan Ukraina.  Hasilnya langsung terlihat setelah Makedonia mendapat hadiah penalti dari wasit.

Tendangan Ezgjan Alioski masih bisa diblok kiper gawang Ukraina yang dijaga George Buschan, tapi dengan cepat Alioski mengkonversi bola menjadi gol.

Tidak ada tambahan gol hingga akhir laga, meski Ukraina mendapatkan penalti setelah tendangan bebas Ruslan Malinovsky dianggap membentur tangan pemain Makedonia Utara. Sayang, Malinovsky yang mengambil sendiri penalti gagal menaklukkan kiper Makedonia Utara.

Makedonia Utara

Pemain Makedonia Utara Ezgjan Alioski (nomor 8) mencetak gol ke gawang Ukraina - Twitter/@EURO2020

Sementara di Stadion Johan Cruijf, Jumat (18/6/2021) dini hari WIB, Belanda tampil penuh percaya diri. Belanda unggul cepat setelah Memphis Depay mencetak gol lewat tendangan penalti pada menit ke-11.

Wasit menunjuk titik putih usai melihat VAR dan menyatakan David Alaba melakukan pelanggaran terhadap pemain Belanda, Denzel Dumfries, di dalam kotak penalti.

Depay kembali mendapat peluang, namun bola sepakannya menyamping tipis di gawang Austria. Hari ini sepertinya bukan milik Depay. Striker Olympique Lyonn itu gagal mengkonversi peluang emas di depan gawang Austria usai bolanya melambung tinggi.

Pada babak kedua, Belanda lebih banyak menunggu dan melakukan serangan balik ke arah Austria. Tidak ada gol tambahan tercipta.

Depay

Pemain Belanda Mempis Depay (nomor 10) mencetak gol ke gawang Austria - Twitter/@EURO2020

Komentar Pelatih

Andriy Shevchenko, pelatih Ukraina: "Kami seharusnya bisa mencetak lebih banyak. Saya pikir Ukraina sangat bagus dalam serangan malam ini. Saya senang melihat penampilan seperti ini. Tapi yang paling penting adalah kami bereaksi [kebobolan gol] dengan keinginan untuk mencetak lebih banyak dan meraih kemenangan ini."

Igor Angelovski, pelatih Makedonia Utara: "Kami memainkan pertandingan dengan dua babak yang berbeda. Pada babak kedua kami menunjukkan mengapa kami berada di Kejuaraan Eropa, bahwa tim ini memiliki kualitas dan pantas berada di sini. Dan ketika penggemar Anda memberikan tepuk tangan meriah, itu menunjukkan bahwa Anda memainkan pertandingan yang sangat bagus, tetapi kami minta maaf karena pada akhirnya tidak memberikan hasil yang positif."

Penyerang Ukraina Roman Yaremchuk merayakan golnya bersama pelatih Andriy Shevchenko - Twitter/@EURO2020

Frank de Boer, pelatih Belanda: "Kami berdiskusi bersama tentang apa yang dapat kami tingkatkan dan ini berjalan dengan baik, ini bisa menjadi lebih baik. Itulah cara Anda tumbuh menjadi sebuah tim dan persatuan yang kita miliki sekarang sangat penting."

Pelatih kepala Austria Franco Foda: "Kami memberikan bola terlalu mudah pada babak pertama; kami mengundang Belanda untuk memukul kami terlalu sering saat istirahat. Kami masuk ke sepertiga akhir beberapa kali tetapi tidak berhasil membuat umpan silang. Kami tidak menciptakan cukup peluang."

Grup C

Austria vs Makedonia Utara (Matchday I): 3-1 

Belanda vs Ukraina (Matchday I): 3-2

Ukraina vs Makedonia Utara (Matchday II): 2-1

Belanda vs Austria (Matchday II): 2-0

Tim MainMenangKalahSeriGolKemasukanSelisih GolPoin
Belanda22005236
Ukraina21104403
Austria21103303
Makedonia Utara202025-30

Sumber: UEFA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas belanda Timnas Austria Timnas Ukraina Euro 2020
Editor : Oktaviano DB Hana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top