Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Italia v Swiss: Ini Fakta Menarik Laga Italia vs Swiss

Italia dan Swiss adalah musuh lama di tingkat internasional, tetapi pertemuan mereka di Roma pada putaran kedua pertandingan Grup A Euro 2020, Kamis, akan menjadi pertandingan pertama mereka dalam satu dekade.
Pelatih Timnas Swiss Vladimir Petkovic/UEFA.com
Pelatih Timnas Swiss Vladimir Petkovic/UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA - Italia dan Swiss adalah musuh lama di tingkat internasional, tetapi pertemuan mereka di Roma pada putaran kedua pertandingan Grup A Euro 2020, Kamis (17/6/2021) akan menjadi pertandingan pertama mereka dalam satu dekade – dan pertandingan kompetitif pertama mereka sejak 1999.

Berikut sejumlah fakta menarik pertemuan Italia vs Swiss yang merupakan ketiga kalinya tim bertemu di putaran turnamen final, dan yang pertama dalam hampir 60 tahun.

• Italia ingin meneruskan performa usai kemenangan 3-0 melawan Turki di Roma pada pertandingan pembukaan UEFA EURO 2020. Ini adalah pertama kalinya mereka mencetak tiga gol di turnamen dalam pertandingan ke-39 mereka.

• Swiss, sementara itu, harus puas bermain imbang 1-1 melawan Wales di Baku pada pertandingan pertama mereka, gol pembuka Breel Embolo pada menit ke-49 hanya cukup untuk satu poin.

• Azzurri mendominasi pertandingan melawan Swiss dengan memenangkan 28 dari 58 pertandingan mereka dan hanya kalah delapan kali – meskipun tiga pertandingan terakhir antara tim, semuanya di Swiss, berakhir imbang.

Pertemuan terakhir mereka dengan hasil imbang 1-1 di Jenewa pada 5 Juni 2010, gol pembuka Gökhan Inler di menit kesepuluh untuk tim tuan rumah disamakan empat menit kemudian oleh Fabio Quagliarella. Pemain pengganti Xherdan Shaqiri bermain untuk tim Swiss asuhan Ottmar Hitzfeld, sementara Giorgio Chiellini bermain untuk tim Azzurri asuhan Marcello Lippi.

• Itu memperpanjang rekor tak terkalahkan Italia melawan Swiss menjadi delapan pertandingan (W4 D4), sejak kekalahan 1-0 di Berne pada kualifikasi Piala Dunia 1994 pada Mei 1993. Kemenangan terakhir Azzurri melawan Swiss terjadi dalam pertandingan persahabatan di Jenewa pada April 2003, Nicola Legrottaglie dan Cristiano Zanetti mencetak gol di kedua babak untuk mengamankan kemenangan 2-1.
Anastasi membawa Italia meraih kejayaan 1968

• Pertandingan kompetitif terakhir tim datang di kualifikasi untuk UEFA EURO 2000, Italia memenangkan pertandingan pertama 2-0 di Udine – Alessandro Del Piero mencetak gol– sebelum bermain imbang tanpa gol di Lausanne. Italia kemudian memenangkan grup dengan 15 poin untuk mencapai turnamen final, menyelesaikan satu poin dan dua tempat di atas Swiss yang tersingkir.

• Hasil tersebut melanjutkan pola Italia yang mencatatkan kemenangan kandang dan hasil imbang tandang ketika kedua tim dipasangkan bersama di kualifikasi EURO, sebagai lanjutan dari penyisihan untuk turnamen final tahun 1968 (2-2 a, 4-0 h) dan 1988 (3-2 jam, 0-0 a). Dalam kedua kesempatan itu, Azzurri melaju ke final.

• Italia juga keluar sebagai pemenang dalam pertemuan terakhir tim di turnamen final, mencatat kemenangan 3-0 melawan Swiss di babak penyisihan grup Piala Dunia 1962. Delapan tahun sebelumnya, tuan rumah Piala Dunia Swiss mengalahkan Italia 2-1 dan 4-1 dalam waktu tujuh hari, kemenangan kedua dalam play-off.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper