Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalahkan Rusia 3-0, Belgia Pimpin Klasemen Grup B Euro 2020

Dua gol Belgia dicetak Romelu Lukaku, sedangkan satu gol lainnya dibuat Thomas Meunier. Belgia sementara memuncaki klasemen Grup B Piala Eropa atau Euro 2020.
Pemain timnas Belgia merayakan gol yang dicetak Thomas Meunier dalam laga penyisihan Grup B Euro 2020, Minggu (13/6/2021) dini hari WIB/Twitter-@EURO2020
Pemain timnas Belgia merayakan gol yang dicetak Thomas Meunier dalam laga penyisihan Grup B Euro 2020, Minggu (13/6/2021) dini hari WIB/Twitter-@EURO2020

Bisnis.com, JAKARTA -  Pertandingan antara Belgia dan Rusia, Minggu (13/6/2021) dini hari WIB, berakhir dengan skor 3-0. Dengan kemenangan tersebut, Belgia untuk sementara memuncaki klasemen Grup B Piala Eropa atau Euro 2020, sedangkan Rusia berada di posisi buncit. 

Berdasarkan statistik di laman resmi Euro 2020, timnas Belgia lebih mendominasi pertandingan. Belgia unggul penguasaan bola hingga 62 persen, sedangkan Rusia hanya 38 persen. 

Belgia tercatat melepaskan 718 operan dengan 645 di antaranya sukses, sedangkan Rusia melakukan 380 operan dengan 291 di antaranya sukses.

Secara keseluruhan, Belgia berhasil melepaskan 9 sepakan dengan 4 di antaranya mengarah langsung ke gawang, 3 melebar dan 2 tendangan dihalau pemain Rusia. 

Sementara itu, Rusia mampu melepaskan 5 tembakan dengan satu di antaranya mengarah ke gawang yang dikawal Thibaut Courtois, tiga di antaranya tidak menemui sasaran dan satu digagalkan pertahanan Belgia.

Pada menit ke-10, penyerang Belgia, Romelu Lukaku berhasil membuat gol perdananya di pertandingan yang digelar di Saint Petersburg Stadium, St Petersburg, Rusia, tersebut.

Gol ini berawal dari pergerakan Mertens di sisi kanan. Pemain Napoli ini berhasil melepaskan umpan silang berbahaya dan mengarah ke Lukaku.

Umpan itu gagal dihalau dengan baik oleh bek Rusia, Semenov dan kemudian berhasil dikuasai Lukaku. Penyerang Inter Milan itu akhirnya mampu melepaskan sepakan mendatar yang tak bisa digagalkan kiper Rusia, Anton Shunin.

Gol kedua Belgia terjadi pada menit ke-34 melalui bek Thomas Meunier yang sebenarnya masuk sebagai pemain pengganti. Dia masuk menggantikan Timothy Castagne yang cedera pada menit ke-27.

Umpan silang T. Hazard dari sisi kiri luar area penalti ditepis Shunin. Namun, bola justru jatuh ke arah Meunier di depan kanan gawang yang kemudian dikonversi menjadi gol. Tidak ada lagi gol tercipta pada babak pertama.

Pada babak kedua, kondisi pertandingan tidak banyak berubah. Belgia masih memegang kendali pertandingan, sedangkan Rusia tampak sulit mengembangkan permainan.

Sebenarnya, Rusia mengawali babak kedua dengan sedikit lebih banyak penguasaan bola. Namun, belum ada ancaman berarti yang dibuat Rusia untuk pertahanan Belgia.

Jelang berakhirnya babak kedua, tepatnya pada menit ke-88, Belgia justru mampu menambah gol melalui Lukaku. Pemain Inter Milan ini menerima umpan kunci atau assist dari Meunier yang maju melewati garis tengah di sebelah kanan.

Umpan terobosannya berhasil dikejar Lukaku yang tampak masih dikawal salah satu bek Rusia. Dalam kondisi itu, Lukaku masih berhasil melepaskan sepakan dari dalam kotak penalti Rusia dan tak dapat dibendung Shunin.

Dengan dua gol itu, Lukaku saat ini menjadi pencetak gol terbanyak Belgia dalam turnamen Euro yakni dengan empat gol.  Sebelum pertandingan ini, Lukaku bersama Jan Ceulemans dan Radja Nainggolan sama-sama mengoleksi dua gol bagi negaranya di ajang ini.

Adapun, laga lain di Grup B Euro yang mempertemukan Finlandia dan Denmark berakhir dengan skor 1-0. Finlandia berhasil keluar sebagai pemenang kendati ditekan hampir sepanjang laga.

Dengan demikian, Finlandia menduduki peringkat kedua dan Denmark berada diposisi berikutnya Grup B Euro 2020. Belgia dan Finlandia mengoleksi poin yang sama, tetapi unggul jumlah gol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper