Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zidane Bongkar-bongkaran Alasan Mundur Lagi dari Real Madrid

Mantan pelatih Real Madrid Zinedine Zidane membuka alasannya mengundurkan diri dari klub La Liga Spanyol itu untuk kedua kalinya pada 27 Mei lalu setelah melewati satu musim kompetisi tanpa trofi.
Zinedine Zidane/Reuters/Juan Medina
Zinedine Zidane/Reuters/Juan Medina

Bisnis.com, JAKARTA – Zinedine Zidane mengatakan dia mengundurkan diri sebagai pelatih Real Madrid karena merasa klub "tidak lagi percaya" kepadanya.

Pria Prancis itu meninggalkan klub La Liga untuk kedua kalinya dalam karir kepelatihannya pada 27 Mei lalu setelah mereka gagal memenangkan trofi selama musim 2020–2021.

Zidane sebelumnya melatih Real Madrid pada 2016–2018 sebelum kembali 10 bulan kemudian pada Maret 2019. "Saya pergi, tapi saya tidak berlebihan, saya juga tidak lelah melatih," kata pria berusia 48 tahun itu.

Dalam surat terbuka kepada fans, yang diterbitkan oleh outlet media Spanyol AS, dia menambahkan: "Saya pergi karena saya merasa klub tidak lagi memiliki kepercayaan pada saya yang saya butuhkan atau dukungan untuk membangun sesuatu dalam jangka menengah atau panjang.”

"Saya memahami sepak bola dan saya tahu tuntutan klub seperti Real Madrid. Saya tahu ketika Anda tidak menang, Anda harus pergi. Saya adalah pemenang yang lahir alami dan saya di sini untuk memenangkan trofi,” tuturnya.

"Ada kegagalan untuk memahami bahwa hal-hal ini juga menjaga dinamika klub hebat. Sampai batas tertentu saya bahkan ditegur karenanya," lanjutnya.

Mantan playmaker Prancis, yang bermain untuk Real Madrid dari 2001 hingga 2006, memenangkan tiga gelar Liga Champions Eropa berturut-turut dan satu gelar La Liga dalam periode pertamanya sebagai pelatih.

Dia mengamankan gelar La Liga kedua selama masa tugas keduanya pada 2019–2020 dan memiliki sisa satu tahun di kontraknya ketika dia pergi.

Zidane mengatakan 20 tahun di Bernabeu adalah "hal terindah yang terjadi" dalam hidupnya dan bahwa dia akan "selalu berterima kasih" kepada Presiden Real Madrid Florentino Perez.

"Saya ingin ada rasa hormat atas apa yang telah kami capai bersama. Saya ingin hubungan saya dengan klub dan presiden selama beberapa bulan terakhir sedikit berbeda dengan pelatih lain," tambah Zidane.

"Saya tidak meminta hak istimewa, tentu saja tidak, hanya sedikit lebih mengingat. Belakangan ini kehidupan seorang pelatih di ruang istirahat di klub besar adalah dua musim, sedikit lebih."

"Agar bisa bertahan lebih lama, hubungan antarmanusia itu penting, lebih penting daripada uang, lebih penting daripada ketenaran, lebih penting dari segalanya. Itu semua perlu dipelihara.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BBC

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper