Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Roger Federer Dipastikan Absen dari Australia Terbuka 2021

Roger Federer akhirnya dapat dipastikan tidak mengikuti gelaran tenis Grand Slam Australia Terbuka dijadwalkan digelar pada Februari tahun depan.
Petenis Swiss Roger Federer/Reuters/Ahmed Jadallah
Petenis Swiss Roger Federer/Reuters/Ahmed Jadallah

Bisnis.com, JAKARTA – Petenis berkebangsaan Swiss Roger Federer dipastikan absen dalam turnamen Australian Terbuka untuk pertama kalinya sepanjang karirnya karena harus melanjutkan pemulihan dari dua kali operasi lutut.

"Pada akhirnya Roger kehabisan waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi kerasnya Grand Slam dan dia sangat kecewa karena tidak akan datang ke Melbourne pada 2021," kata ketua penyelenggara turnamen tenis grand slam Australian Terbuka Craig Tiley seperti ditulis AFP pada Senin (28/12/2020).

Federer absen dari lapangan pertandingan sejak Februari 2020, tetapi baru-baru ini pemain berusia 39 tahun itu melanjutkan latihan dan masuk dalam daftar entri untuk Grand Slam pembuka tahun ini di Melbourne yang dimulai pada 8 Februari.

Penyelenggara Australian Terbuka 2021 memang berharap turnamen ini bisa diikuti oleh banyak petenis, terutama para petenis top agar dunia pertenisan bisa kembali bangkit, meskipun dibayangi kekhawatiran akan pandemi Covid-19.

Asosiasi Tenis Australia dan pemerintah negara bagian Victoria telah sepakat untuk menyelenggarakan Australian Terbuka pada 8 Februari 2021. Jadwal tersebut mundur 3 pekan dari yang dijadwalkan karena pandemi Covid-19.

“Kami memiliki komitmen dari setiap petenis dunia untuk tampil di Australia Terbuka, termasuk Federer. Turnamen ini digelar tahun depan, apa pun bisa terjadi, tapi kami berharap para pemain masih memegang komitmen tersebut,” kata Direktur Turnamen Craig Tiley seperti dikutip Reuters pekan lalu.

Menurut laman resmi Australia Terbuka ausopen.com yang dikutip Bisnis.com, Federer merupakan juara enam kali di turnamen tersebut, yang pertama kali dia raih pada 2004 dengan menaklukkan petebis Rusia Marat Safin di final.

Petenis kelahiran Basel, Swiss, 39 tahun lalu itu mengulangi catatan terbaik di Australia Terbuka pada 2006, 2007, 2010, 2017, dan 2018.

Raihan gelar Federer di Australia Terbuka masih di bawah petenis nomor satu dunia saat ini Novak Djokovic, yang menjuarainya sebanyak delapan kali pada edisi 2008, 2011, 2012, 2013, 2015, 2016, 2019, dan 2020.

Catatan gelar Federer itu sama dengan raihan petenis Australia 1961, 1963, 1964, 1965, 1966, dan 1967 ketika turnamen tersebut masih melibatkan petenis berstatus amatir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : AusOpen.com & Antara/Reuters/AFP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper