Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bima Sakti Beberkan Masih Banyak Kelemahan Timnas U-16

Timnas Indonesia U-16 ternyata masih memiliki banyak kekurangan yang harus dibenahi, menurut pelatih Bima Sakti Tukiman.
Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti Tukiman/Antara/Puspa Perwitasari
Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti Tukiman/Antara/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti Tukiman bahwa mengakui komunikasi di antarpemain di lapangan masih menjadi masalahb tersendiri.

Mantan pemain andalan Timnas Indonesia itu menyebutkan kekurangan itu terlihat jelas saat Timnas U-16 menjalani pertandingan internal di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (12/12/2020).

Menurut mantan pemain tengah klub Swedia Helsingborgs IF itu, suara pemainnya dalam berkoordinasi sering tidak terdengar meskipun pertandingan digelar di stadion kosong.

"Komunikasi harus lebih dijaga. Ada sejumlah pemain yang suaranya masih tidak terdengar, sehingga ada saja pemain yang kehilangan bola," lanjut mantan pelatih Timnas Indonesia senior itu.

Pelatih berusia 44 tahun itu, seperti dikutip dari laman resmi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) pada Minggu (13/12/2020), menegaskan bahwa komunikasi di lapangan sangat penting agar para pemain dapat terorganisasi dengan baik. Bima pun berjanji mengevaluasi soal komunikasi itu, bersama kekurangan-kekurangan lain seperti transisi, lini serang dan pertahanan.

"Inilah gunanya kami mengadakan pertandingan internal di TC [pemusatan latihan/training center]. Sejauh ini telihat pemain sudah menyerap ilmu yang diberikan tim pelatih. Namun, kami masih harus bekerja lebih keras lagi di sisa TC Yogyakarta. Kami mesti memperbaiki komunikasi, transisi, dan lainnya," tutur Bima.

Dalam laga internal pada Sabtu (12/12), ke-26 pemain Timnas U-16 dibagi ke dalam dua tim yaitu tim Merah dan Putih. Pertandingan tersebut dimenangi tim Putih dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Aditiya Daffa Al Haqi.

Sebanyak 26 pemain mengikuti TC timnas U-16 di Sleman, Yogyakarta, yang berlangsung pada 6-23 Desember 2020. TC itu menjadi persiapan menuju Piala Asia U-16 yang berlangsung pada 2021 di Bahrain.

Pada turnamen tersebut, Indonesia yang menjadi satu-satunya perwakilan Asean berada di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper