Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Napoli Resmi Ubah Nama Stadion San Paolo Menjadi Diego Maradona

Markas Napoli, yang semula bernama San Paolo, sekarang diganti menjadi Stadion Diego Armando Maradona, sebagai penghoirmatan untuk legenda asal Argentina itu yang mengantar klub Italia selatan tersebut juara Serie A pada 1987 dan 1990. Dengan dsemikian, di dunia terdapat dua stadion bernama Maradona.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 05 Desember 2020  |  14:18 WIB
Napoli memberi penghormatan setelah legenda sepak bola asal Argentina Diego Maradona meninggal dunia. Nama stadion ini, yang semula San Paolo, kini berganti menjadi Stadion Diego Maradona. - Football Italia
Napoli memberi penghormatan setelah legenda sepak bola asal Argentina Diego Maradona meninggal dunia. Nama stadion ini, yang semula San Paolo, kini berganti menjadi Stadion Diego Maradona. - Football Italia

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Kota Napoli secara resmi mengumumkan bahwa nama Stadion San Paolo mulai Jumat (4/12/2020) waktu setenpat diubah menjadi Stadion Diego Armando Maradona.

Maradona, bintang asal Argentina, meninggal dunia pada 25 November setelah menderita serangan jantung dan di antara penghargaan untuk pemenang Scudetto dua kali itu, disarankan untuk mengganti nama stadion Napoli.

"Dengan resolusi yang disetujui hari ini, stadion itu sekarang dinamai Diego Armando Maradona," demikian pernyataan resmi Pemkot Napoli.

Resolusi itu diusulkan oleh Wali Kota Luigi de Magistris, Anggota Dewan Toponymy Alessandre Clemente, dan ditandatangani oleh seluruh Dewan Kota, yang bertemu di Palazzo San Giacomo.

“Sesaat sebelum rapat Panitia Pelaksana, Komisi Penasihat Toponomi Kota telah menyetujui usulan Wali Kota, Penasihat Toponomi Allessandra Clemente dan Dewan Kota, menamai stadion San Paolo dengan nama Diego Armando Maradona dengan nama Stadion Diego Armando Maradona," lanjut pernyataan itu.

Sebagai pemain, Maradona berperan luar biasa untuk membawa Napoli juara Serie A Italia pada 1987 dan 1990.

Berselang 2 bulan kemudian, Maradona bermain di semifinal Piala Dunia 1990 melawan Italia di Stadion San Paolo dengan sebagian besar penonton bukannya membela Timnas Italia, sebaliknya menjadi pendukung Timnas Argentina.

Argentina akhirnya menaklukkan tuan rumah Italia melalui adu penalti 4–3 setelah permainan selama 120 menit imbang 1–1. Maradona menjadi salah satu eksekutor yang sukses menjebol gawang Italia pada adu penalti itu.

Namun, pada akhirnya Argentina dikalahkan Jerman Barat 0–1 di pertandingan final, sehingga gagal mengulangi kesuksesan menjadi juara Piala Dunia 1986 di Meksiko yang ketika itu menaklukkan Jerman Barat 3–2 di final.

Maradona diabadikan sebagai nama stadion bukan pertama kali di Napoli ini. Markas Argentinos Juniors di Buenos Aires, Argentina, sejak 2004 diberi nama sang legenda. Maradona memulai karir profesional di klub tersebut pada 1976 hingga 1981.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Napoli diego maradona

Sumber : Football Italia

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top