Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Pra-Piala Dunia 2022 : Peru vs Brasil, Argentina ke Bolivia

Babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan segera menggulirkan rangkaian pertandingan matchday kedua. Pada matchday pertama, tiga timnas peraih Piala Dunia yakni Brasil, Argentina, dan Uruguay meraih kemenangan.
Striker Neymar da Silva Santos Jr. dalam balutan jersey Timnas Brasil./Reuters-Leonhard Foeger
Striker Neymar da Silva Santos Jr. dalam balutan jersey Timnas Brasil./Reuters-Leonhard Foeger

Bisnis.com, JAKARTA – Babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar zona Amerika Selatan segera menggulirkan matchday kedua.

Pada rangkaian pertandingan matchday pembuka pekan lalu, Brasil dan Kolombia memetik kemenangan besar. Brasil membantai Bolivia 5–0, sedangkan Kolombia menghantam Venezuela 3–0.

Sementara itu, Lionel Messi dan Luis Suarez berhasil membawa Argentina dan Uruguay juga meraih poin penuh. Messi mencetak gol penentu kemenangan 1–0 Argentina atas Ekuador, sedangkan Suarez mencetak gol pembuka ketika Uruguay mengatasi Cile 2–1.

Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederación Sudamericana de Fútbol/Conmebol) hanya beranggotakan 10 negara, tetapi tiga di antaranya merupakan juara Piala Dunia.

Ketiga negara itu adalah Brasil, Uruguay, dan Argentina. Total ketiganya telah sembilan kali menjuarai Piala Dunia sepanjang sejarah sejak digelar pertama kali pada 1930 atau 90 tahun silam.

Brasil merupakan juara terbanyak yakni lima kali. Skuad Samba tampil sebagai kampiun pada Piala Dunia 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002. Sementara itu, Uruguay dan Argentina masing-masing dua kali menjadi juara. Uruguay juara pada 1930 dan 1950, sedangkan Argentina pada 1978 dan 1986.

Babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar zona Zonmebol direncanakan dimulai pada Jumat (9/10/2020) pagi WIB. Ke-10 tim beradu dengan menerapkan sistem round-robin kandang dan tandang. Jadi, setiap tim total 18 kali bertanding. Pola ini diterapkan mulai Pra-Piala Dunia 1998 dan hampir selalu Brasil yang tampil sebagai juara babak kualifikasi.

Satu-satunya momen Brasil terlibat di kualifikasi tetapi tidak juara ialah pada edisi 2002. Ketika itu mereka hanya finis di peringkat ketiga di bawah Argentina dan Ekuador, tetapi justru akhirnya menjadi juara Piala Dunia di Korea Selatan dan Jepang, menaklukkan Jerman di final.

Argentina menjadi juara babak kualifikasi zona Amerika Selatan—sejak sistem seperti sekarang diterapkan, menggantikan sistem grup—ketika Brasil tidak ikut yakni untuk edisi 1998 dan 2014. Brasil tak ikut kualifikasi Piala Dunia 1998 karena lolos langsung ke putaran final sebagai juara Piala Dunia 1994, sedangkan untuk edisi 2014 mereka langsung lolos sebagai tuan rumah.

Selain Brasil, Argentina selalu menjadi langganan lolos ke putaran final Piala Dunia sejak sistem saat ini diberlakukan mulai kualifikasi Piala Dunia 1998.

Brasil merupakan satu-satunya negara yang selalu tampil di putaran final Piala Dunia. Sementara itu, Argentina selalu lolos ke putaran final Piala Dunia sejak edisi 1974.

Terakhir kali tim Tango gagal lolos ke putaran final terjadi pada edisi 1970 di Meksiko, ketika itu di kualifikasi mereka kalah bersaing dengan Peru. Saat itu babak kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol masih menggunakan sistem grup.

Conmebol memiliki jatah empat tim teratas di klasemen akhir kualifikasi langsung lolos ke Qatar, sedangkan peringkat kelima akan berebut satu tiket melalui laga dua leg melawan salah satu dari tiga kemungkinan yaitu peringkat keempat zona Asia, peringkat keempat zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia, atau juara zona Oseania. Tim-tim yang saling bertemu baru akan ditetapkan kemudian.

Berikut jadwal matchday kedua babak Pra-Piala Dunia 2022 zona Conmebol (dalam WIB):

Rabu, 14 Oktober:

03:00   Bolivia vs Argentina

04:00   Ekuador vs Uruguay

05:00   Venezuela vs Paraguay

07:00   Peru vs Brasil

07:30   Cile vs Kolombia

Rangkaian pertandingan matchday ketiga dan keempat direncanakan berlangsung pada November 2020. Secara keseluruhan, Pra-Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan dijadwalkan selesai pada 29 Maret, sedangkan putaran final digelar di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper