Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Piala Dunia U-20, Sumsel Siapkan Rp30 Miliar untuk Stadion Jakabaring

Pemprov Sumatra Selatan mengalokasikan dana dari APBD senilai Rp30 miliar untuk perbaikan dan penyempurnaan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring menyambut Piala Dunia U-20.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 09 September 2020  |  16:01 WIB
Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru memeriksa Stadion Jakabaring di Palembang yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 tahun depan./Istimewa - Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru memeriksa Stadion Jakabaring di Palembang yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 tahun depan./Istimewa - Humas Pemprov Sumsel

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemprov Sumatra Selatan mengalokasikan dana dari APBD senilai Rp30 miliar untuk perbaikan dan penyempurnaan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) menyambut Piala Dunia U-20.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan pihaknya juga melibatkan BUMN dan BUMD untuk membantu dalam perbaikan dan kelengkapan sarana dan prasarana di kawasan olahraga tersebut.

“Progres kita sudah meyakinkan. Anggaran, hospitality, bukan hanya faktor internal, tapi semua faktor penunjang termasuk kesiapan masyarakat, baik bandara, hotel, fasilitas umum, juga sudah siap,” ujarnya pada Rabu (9/9/2020).

Pihaknya pun terus mematangkan persiapan Stadion Gelora Sriwijaya di Jakabaring Sport City (JSC) untuk Piala Dunia U-20 yang kini mencapai 90 persen.

Menurut Deru, masih ada sejumlah perbaikan dan penyempurnaan pada stadion tersebut. “Kami akan laksanakan dan penuhi semua rekomendasi yang diberikan, untuk rumbut sudah sesuai standar internasional.”

Dia menambahkan mengatakan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah memberikan 16 rekomendasi untuk Stadion GSJ beberapa waktu lalu. Rekomendasi tersebut  merupakan tahapan seleksi kesiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan pada Mei 2021.

Deru menilai Palembang sudah sangat tepat menjadi tuan rumah. Pasalnya, Palembang memiliki kawasan olahraga terintegrasi di mana semua stadion utama dan stadion penunjang berada dalam satu kawasan JSC.

“Kelebihan kita karena ada Palembang memiliki kawasan olahraga yang terintegrasi bila masuk dalam opsional. Kita saat ini menunggu Kepres (Keputusan Presiden) mengenai penetapan tuan rumah,” ujarnya.

Dia mengemukakan berdasarkan informasi Kemenpora, Palembang masuk dalam enam besar tuan rumah Piala Dunia U-20.

Untuk itu, dia meminta agar masyarakat Sumsel berpartisipasi untuk mendukung rencana gelaran tersebut. Dia juga telah meminta semua pihak terlibat untuk lakukan sosialisasi secara merata terkait event ini.

“Artinya bukan sekadar faktor internal, melainkan semua faktor penunjang termasuk kesiapan masyarakat dan fasilitas umum mulai dari bandara sampai tempat pertandingan,” tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala dunia u-20 jakabaring
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top